Breaking: Rusia siap mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia

Su-35Marina Lystseva/TASS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia sesuai dengan kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan kekuatan angkatan udaranya.

Badan resmi satu-satunya perantara negara untuk urusan ekspor/impor persenjataan Rusia, JSC Rosoboronexport (bagian dari Rostec State Corporation), mengatakan hal itu dalam menanggapi pertanyaan Airspace Review mengenai kelanjutan penjualan armada Su-35 kepada Indonesia saat ini.

Boeing_contoh2

“Rusia dapat memasok jet tempur multi-peran, Su-35 brand-new, kepada Indonesia, mengadaptasinya sesuai kebutuhan pelanggan sebanyak mungkin. Kami yakin bahwa ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Udara Indonesia. Pada saat yang sama, kami percaya bahwa upaya apa pun oleh Amerika Serikat untuk menekan Indonesia dan negara-negara lain mengenai masalah ini tidak dapat diterima dan merupakan persaingan tidak sehat,” ujar Rosoboronexport.

Seperti diketahui, Indonesia melalui Kementerian Pertahanan pada 14 Februari 2018 telah menandatangani kontrak pembelian 11 Su-35 dari Rusia senilai 1,14 miliar dolar AS. Namun hingga kini kontrak tersebut belum dapat diimplementasikan.

Sumber-sumber menyebutkan, penangguhan pembelian Su-35 oleh Indonesia dari Rusia disebabkan oleh tekanan dari Amerika Serikat (AS).

Direktur Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik dan Militer, Dmitriy Shugaev, di sela pameran kedirgantaraan MAKS-2019 di Zhukovsky, luar kota Moskow, mengakui hal itu.

“Tekanan (dari AS) kepada mitra-mitra (pelanggan) kami dari negara manapun, terjadi dengan cara yang tidak terhormat. Tekanan terjadi setiap hari dan ini bukan rahasia lagi,” ujar Shugaev saat itu.

Dmitri Shugaev
Roni Sontani/AR

Tapi anehnya, kata dia, ada beberapan negara yang Amerika Serikat prioritaskan dalam kancah pertahanan internasional. Negara-negara tersebut mendapat pengecualian dari sanksi AS.

Roni Sontani

80 Replies to “Breaking: Rusia siap mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia”

    1. Kami mengharap pengiriman SU 35 segera terwujud sesuai dg perjanjian. Tak usah risau dg tekanan Amerika. SU 35 punya efek getar yg lebih. Kemampuan SU35 luar biasa. Semog tidak hanya 11 unit kami mengharap lebih. Dan lanjutkan mengenai IFX bersama korea yang telah ditandatangani sejak pemerintah SBY

      1. Kalo di embargo amerika efeknya pesawat buatan AS tidak bisa mendapatkan suku cadang dan AS tidak mau menjual alutsista ke indonesia selama beberapa tahun. Indonesia pernah mengalami embargo AS karena pelanggaran HAM di Timor Timur

        1. Itu jaman indonesia jd jonggos nya usa,,,,padahal punya temen sejati rusia dari jaman indonesia merdeka 1745!!! Skrng teman sejati akan terus menbantu sahabat nya ?????

          1. Alutsista yang canggih dan TNI/POLRI semakin banyak ditambah Hankamrata Nomor 4 dunia negara kita menjadi kuat tanpa penjajah merampas kekayaan kita. SALAM NKRI BHINNEKA TUNGGAL IKA

        2. Sebagai bangsa yang mandiri jgn pernah takut sama siapa pun…Iran , Rusia adalah bukti nyata lebih mandiri karena diembargo Amerika.
          Sebagai contoh kita kalo dikucilkan dilingkungan akan semakin maju dan mandiri itu keniscayaan.

        3. Jgn takut …F16 jual aja kalo di embargo sama as ..jual ke Iran tuker sama Drone Kamikaze dan Rudal balistik ??dan beli Su35 dan Su 57 yg bnyk.

        4. Makanya, jadikan peristiwa embargo senjata dari amerika itu sebagai pengalaman dan jangan coba-coba memesan persenjataan dari amerika, sebab kita selamanya akan menjadi jajahan amerika secara tidak langsung….

      2. Kalau melihat politik kita yg Non Blok seharusnya tak perlu hiraukan USA dan sangsinya. Hukum menjaga kedaulatan negeridr negara luar adalah yg tertinggi.

        1. Iya bener negara ini non blok dan harusnya tidak takut akan tekanan AS. Tapi masalahnya Indonesia itu menandatangani undang-undang CAATSA yg dibuat AS dan itu berdampak negatif bagi ekonomi nasional jika indonesia melanggar.

          1. Sobek aja surat perjanjian CAATSA itu, mau sampai kapan hidup di bayang²i usa, kapan mandiri dan berani. Inti nya harus berani berisiko

    2. Indonesi tidak harus tunduk pada Amerika ketika Indonesia membutuhkan alusista untuk mempertahankan kedaulatannya. Indonesia adalah negara non blok dan bebas memilih negara yang dpat memasok alusistanya sesuai kebutuhan dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI.Negara negara Barat dan AS tidak mau melihat keunggulan militer Indonesia.
      Rusia memiliki sejarah yang tidak dapat di pisahkan dari Indonesia khususnya di masa Presiden Soekarno.

    3. Banyak orang hanya mikir emosi dan melawan kepada siapa saja tanpa berpikir cermat.
      AS bukan cuma bisa embargo suku cadang. Tapi AS Pandai dan berpengalaman menghancurkan suatu negara dengan menghambat Ekonomi, Hubungan antar negara, Bahkan bisa memporak porandakan suatu negara dengan menjatuhkan pimpinan negara tersebut dengan dalih Repvolusi, Reformasi dan mengadu domba rakyatnya.
      Kalau ekonomi dalam negri hancur, saya yakin anda dan banyak orang menyalahkan pemimpin dan berusaha menurunkannya.
      Sukarno sudah merasakannya…
      JASMERAH…

    4. Semoga lancar hubungan Rusia NKRI
      Semoga berita ini tidak hoax su 35 produk
      Pesawat tempur yg hebat

    5. Kita gak boleh bergantung pada Negara barat .karena jika kita ada masalah dengan Australia.Sgp.semua alutista yg kita beli dari mereka tidak bisa dipakai.dan harganya juga sangat mahal dibanding dengan alutista Rusia

    6. Jangan hanya SU 35 New series beli juga SU 57 sama series yang terbaru generasi ke 6 Rusia Pesawat tempur Skatmat klo bisa beli yg banyak sekitar 120 unit dan di tambah lagi pertahanan rudal S 500,,, jadi makin ngeri Indonesia

      1. SU bagus tp taruhannya ekonomi Indonesia…nilai transaksi ekonomi Indonesia Rusia dibawah 100jt US, sedangkan Indonesia US hampir 400jt US. Itu sebabnya itung2annya ribet

  1. Boeing
    1. No extion talk only..NATO saja mo..barang trabrani datang…kalau datang australia ketakutan amerika kwatir padahal mereka sdh punya F 22 Raptor, F 35 yg mereka banggakan tp dengar SU 35 mereka ciut

    2. Duarrrrr, … Semuanya betoel .., tapi jangan lupakan juga jasa USA ke pada Indonesia… KARENA USA pernah hibahkan pesawat Tempur ke Indonesia … Lebih BAIK bermai. Aman sambil memperkuat pertahanan negeri… Cuma … Masalahnya … Sudah banyak orang PINTAR Indonesia bukannya membantu MEMBANGUN pertumbuhan NEGARA SENDIRI MALAH merubah kewarganegaraannya …. Salah satunya NEGARA Singapore …. APAKAH YG berkomentar disini Masih asli WARGA NEGARA INDONESIA Atau sudah berubah kewarganegaraannya …. Wassalam.,

  2. Boeing
    1. Usahakan terus $U-35 harus benar2 hadir & wira-wiri dilangit NKRI yang jumlahnya hanya 11unit serta stakeholder tak perlu takut dg gertak sambal &sangsi U$A, karena rakyat Indonesia sdh terbiasa makan angin & nasi aking. Berjuang secara gigih utk membuat pespur yg lebih modern, canggih &memiliki rudal yg mematikan serta Alutsista yg mandiri. Klo kita bersama bersatu padu pasti NKRI mampu bersaing di kancah internasional

  3. Boeing
  4. Boeing
    1. Bismillah dengan kalimat bismillah kalo ikhlas ridho dikerjakan 11 unit su.35 varian baru ada indonesia,semoga bukan cuma su.35 kita beli tapi radar,kapal selam,fregat dan korvet,kalo perlu destroy,mungkin 2020 perlu diajukan kelas krivak 3 & 4,untuk coast guard dan polairud dudukan 50 unit Antasena tuk patroli maritim dan sungai.

  5. Boeing
    1. AS itu baru nakut nakutin, harusnya pemerintah indonesia punya sikap yang tegas jangan ragu, mau beli atau ngga, contoh turkey aja bisa beli rudal S 400 rusia

      1. Dan turki dipaksa menghancurkan atau mengembalikan S-400 oleh AS atau turki tidak akan mendapatkan rudal patriot dan alutsista buatan AS lainnya

      2. Lalu kejadian yg dialami indonesia jaman Bu Megawati itu AS nakut-nakuti ?
        Coba banyak membaca dan menonton berita biar ga asal komen.
        Kalau belum tau apa2 mending cari tau dulu kenapa indonesia takut ya karena berkaca dari pengalaman pahit sebelumnya karena melawan sanksi AS.

      3. Iran juga diembargo oleh amerika dan sekutu-sekutunya secara full, Iran bukannya melemah, tapi semakin kuat. Kalau mental para pejabat kita seperti orang Iran, kita juga bisa mandiri membangun pertahanan.

    2. Bener mas, mirip tetuko cn 235 dulu,,,tetuko = sing tuku ora teko2, sing teko ora tuku2 (yg beli gak datang2, yg dtg tdk beli2) ,,,

    3. Jaman soekarno emang nunggu dibayar dulu? Kagak cuy..
      Kalo ngunggu bayaran dulu dah berantakan duluan indonesia..
      Emang Indonesia dulu ditakutin dan di sebut macan asia kenapa? Ya karena kita dikirim banyak alutista rusia.. emang agresi belanda 2 x gagal knapa? Yakin karena bambu runcing..?
      Australia dr jaman dulu memang mo nguasain indonesia, gak berani karena dibelakang kita ada rusia.. terakhir berhasil misahin timor leste..
      Soekarno pro rusia, soeharto pro amerika.. mkanya jaman soeharto hubungan indonesia sama rusia gak deket lg

  6. Boeing
  7. Boeing
  8. Rakyat mendukung pembelian pesawat su 35 dari Rusia, tinggal bagaimana pemerintah apakah akan tunduk pada tekanan Amerika. Saya pikir pemerintah tdk perlu tunduk pada tekanan Amerika seperti apa yang dilakukan Mesir.

    1. Bismillah mantap tinggal pasangkan dengan F.16 V biar ada pasangannya,kalo amerika mau hibahkan ke indonesia F.16 V secara hibah tanpa beli dan embargo kita tunggu,siapa tau bukan cuma amerika sahaja tetapi syukur syukur china ikut ikutan hibahkan produknya

      1. Saya lebih setuju dan lebih bagus lagi semua alat militer beli di Rusia, lebih canggih, lebih hebat dari buatan USA. Dan alih teknologi itu yang kita butuhkan, ketimbang Amric banyak alasan HAM lah.

  9. Boeing
  10. Lebih baik sekalian sistem pertahanan S-500 ber rudal hipersonik siluman akan lebih efektif, Kita kan bertahan bukan menyerang yg butuh banyak SU35,
    Untuk menghancurkan F22 dan F35 nya musuh seperti yg dipunyai Australia dan Singapore.

  11. Boeing
  12. Ambil Pak . Pesawat model lain juga dari Lockheed Martin f-35 dan f-22 atau yang dari perancis juga boleh dicoba dulu sedikit . Biar pilot kita merasakan dulu lebih bagus yang mana . Baru kalau sudah ketahuan bagusnya beli agak banyak

  13. Boeing
  14. “Tapi anehnya ada negara2 yg mendapat pengecualian dalam meningkatkan kapasitas militernya” sedih baca ini ?.. Sudah saatnya Negara ini jangan tergantung kepada negara lain. Ayo transfer tekhnologi dari Rusia, Turkey, Korsel. Anak bangsa ini pasti mampu. Buang sifat2 mementingkan kelompok, suku, daerah. Bangun sifat NASIONALISME mu anak negeri !!!

  15. Boeing
  16. Boeing
  17. ” Sebenernya US rugi menekan RI ”
    Sebab kita (RI) adalah negara besar di suatu kawasan yg luas. Untuk menjadi yg disegani kawan maupun lawan harus punya pertahanan yang kuat dgn alutsista yang moderen dg teknologi yg terbaru. Semuanya akan berimbas terhadap keamanan kawasan teritorial dan Internasional.

  18. Boeing
  19. Boeing
  20. Sukhoi SU 35 Brand New For Indonesian Air Force From Russia …
    How Many Years For Wait ???
    We Hear This News First Time In 2012 & Not Like Dream Come True Till Now !!!
    TO BE OR NOT TO BE !!!
    BELIEVED OR NOT …

  21. Boeing
    1. Yes I support Rafale . It is wanderful
      and most sophisticated fighter .
      Buy it as much as you can .
      These fighters are French not US and
      there will be no silly restrictions .

  22. Boeing
  23. Realistislah…..
    1. Tdk akan bisa unggul thd RSAF dan RAAF smpai kapan pun.
    2. Selalu trgantung blok Barat,
    F16 A/B, F16 blok I 52 eks blok 25, Hawk, C 130, N 212, N 235, C 290, Tucano, smpai T-50 yg radarnya pakek mata. Bayangkan jika semua itu diembargo.
    3. Perawatan SU mahal, lihat SU 27/30. Lihat pngalaman India yg beli seratusan SU 30, berapa % siap tempurnya. Apalagi SU 35 yg penggunanya mash sangat trbatas.
    Suka2 dialah pasang harga perawatan.
    4. IFX Korea ??? apa pngalamannya mmbuat satpur?? teknologi radar satpur?? teknologi stealth satpur??
    tdk mngkin jalan tanpa campurtangan Amrik.
    5. Belum lagi jika bicara neraca perdagangan yg berat ke NKRI…

  24. Boeing
  25. Boeing
  26. Kalo mo beli su 35 perbaiki dulu system avionik dan radarnya, karena kurang mumpuni. Boleh beli f16 v dan rudal s400.
    Untuk itu bs ditambah rudal udara ke udara meteor, tambah jg Exocet.
    Ini sih pikiran sy aja, kalo punya s400 negara mana jg mikir masuk wilayah kita.

  27. Boeing
  28. Boeing
  29. Gak usah berlebihan..kalo saya realistis..kalo memang SU 35 gak bisa di dapat ya turun dikit aja ke SU 30sm tapi dalam jumlah 2-3 kalilipatnya

  30. Boeing
  31. Indonesia harus minta Su-57 yang terbaru untuk dibeli dari rusia sebagai negara sahabat di zaman bung karno. Kalau Su-35 terbaru indonesia harus bisa mendapatkan HIBAH dari rusia…

  32. Boeing
  33. Boeing
  34. Terlalu lama dan banyak publikasi berita tentang SU 35 Indonesia tanpa ada kepastian dan keberanian negara ini untuk mengambil keputusan dengan cepat. Jika memang batal dan jika gantinya dari AS selain F-35 lebih baik RI fokuskan arhanud minimal NASSAM di tempatkan disetiap pelosok negeri ini minimal yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, karena dunia saat ini fokus kepada system pertahanan udara/rudal untuk antisipasi jika ada gangguan dari luar sebelum memamsuki wilayah udara RI hal ini akan membuat gentar negara lain yang coba coba memasuki ruang udara RI.

  35. Boeing
  36. Saya sebagai anak bangsa nkri sangat setuju dg pembelian su-35 BM Oleh au,walau AS menghalang halangi ,jangan pedulikan!!!!!!!!! Karena sampai kiamat begitulah karakter antek israel laknatulloh alaihi,tunjukkan bahwa indonesia berpolitik luarnegri yg bebas aktif,dari segi technologi ,su-35 bm jauh lebih unggul dibanding f-16 viper,jarak terbang capai 3600 km,kemampuan super manuver yg dilengkapi variable sudut thrust vectoring nozzele,daya angkut senjata,kemampuan jelajah radar capai 400 km,dan mampu mengunci 30 jet tempur lawan sekaligus dan mampu merudal 8 diantaranya yg paling membahayakan secara serentak sekaligus telah mengadopsi kemampuan semi stealth adalah technologi yg jaaaauh lebih unggul ketimbang f-16 viper,termasuk top speed yg capai 2400 kph,ADALAH KEBODOHAN LUAR BIASA BAGI AU KALAU BELI F-16 DG ALASAN APAPUN!!!!,APAKAH TNI GAK KAPOK PERNAH DIEMBARGO LEBIH DARI 10 TAHUN OLEH USA SEMENJAK GEORGE BUSH BERIKUT ANAKNYA?APAKAH INDONESIA HARUS TUNDUK TERUS DAN JADI BONEKA AS TERUS?SAMPAI2 F-16 SEKIAN SQUADRON YG TERBANG HANYA 4 UNIT GARA2 KEHABISAN SUKU CADANG DAN DIEMBARGO?MANA NYALIMU NKRI!?! KALAU MAU BELI RANPUR DARI AS BAGUSNYA BIKIN PERJANJIAN ANTI EMBARGO DULU DG ALASAN APAPUN,KALAU TIDAK AS PUNYA KEMUNGKINAN BESAR UNTUK MELAKUKAN EMBARGO LAGI!!!!!!!,KALAU AS GAKMAU TANDA TANGANI PERJANJIAN ANTI EMBARGO MAKA HARAM HUKUMNYA BAGI TNI BELI ALUTSISTA BARU KE AS,DAN JAUHI AS,RUSIA JAUH LEBIH SETIA DG NKRI KETIMBANG AS,DAN SUDAH TERBUKTI,SEBAGIAN JET TEMPURNYA LEBIH HEBAT DARI BUATAN AS MAUPUN EROPA DG HARGA JUAL YG LEBIH MURAH KETIMBANG BUATAN AS ATAU EROPA,INI BUKAN SOAL PRO KOMUNIS TETAPI KERJASAMA DIBIDANG MILITER DEMI KEDIGDAYAAN MILITER RI DAN KEMAJUAN MILITER RI,JADI KEPUTUSAN MEMPERBANYAK ARMADA SUKHOI ITU LEBIH PAS KETIMBANG F-16 ,TOLONG INI DIPERTIMBANGKAN MUMPUNG EMBARGO BELUM DIBERLAKUKAN LAGI,AS HALANGI PEMBELIAN SU-35 KARENA AS TAHU BAHWA JET INI BISA DIPAKAI TUK MENGUBER F-35 LIGHTING 2 DAN F-22 RAPTOR WALAU JET INI MASIH GENERASI 4++ BELUM GEN KE 5 SPT SU-T50 PAK-FA,DG KEMAMPUAN SUPER MANUVERNYA SU-35 LEBIH UNGGUL DARI F-22 RAPTOR,ITULAH HAL YG DITAKUTI AS DAN NATO!!!!,KALAU SEKIRANYA TNI AU PUNYA 5 SKADRON SU-35 BM LENGKAP DG SENJATANYA,AUSTRALIA PUN IKUT MERINDING DG INDONESIA!!!!!

    1. Setuju aja, tetapi dengan rudal rudal seperti tzircon, tor m.2, kalibr m rusia coba kita bawa ke tanah air, jadi ada tambahan variasi rudal rudal yang kita punya di tubuh alutsist TNI. coba kita inovasikan tuk cn.235 MPA kita usungkan rudal rudal tersebut, plus sonar serta torpedo, kita perkuat dengan memproduksi sendiri minimal 6 unit dahulu.

  37. Boeing
  38. Lengkapi SU-35 BM CAPAI LEBIH 5 SQUADRON LENGKAP DG SENJATA DAN AKSESSORISNYA,KEMUDIAN BIKIN RENCANA PEMBELIAN SUKHOI T-50 PAK-FA SEKIAN SQUADRON LENGKAP DG SEGALA ASSESORIESNYA,KALAU SUDAH BEGITU KEMUNGKINAN BESAR BISA DIPEROLEH TOT SEBAGIAN TECHNOLOGI JET TEMPUR SUKHOI DARI RUSIA,LA INI NGAK,BELI SU-35 CUMA 11 UNIT,CARANYA DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT,KOK MINTA TOT?SATU SQUADRON SAJA LUM CUKUP,WAJAR KALAU RUSIA GAK MAU TOT,KALAU AKU YG PUNYA PABRIK JELAS GAK MAU,KARENA JUMLAH PEMBELIAN TERLALU SEDIKIT LAGI DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT DLL,BIAYA PENGEMBANGAN JET TEMPUR ITU NGAK SEDIKIT,MILYARAN DOLLAR LHO,JADI WAJAR KALAU RUSIA GAK MAU TOT DG KONTRAK PEMBELIAN YG TERLALU SEDIKIT LAGI DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT

  39. Boeing
  40. Lama – lama bosan mendengar ketidakjelasan pengadaan Su-35 TNI AU dan ketidaktegasan Kemenhan, kalah sama Mesir, India, Turki. Mereka negara berdaulat dan mampu membuktikan kedaulatannya dalam pengadaan alutsista.

  41. Boeing
  42. Jangan takut lah mengembangkan sistem persenjataan karena penekanan embargo ingin menghambat pertumbuhaan militer negara agar mudah diintimindasi oleh negara adidaya
    Tunjukan indonesia sebagai macan asia

  43. Boeing
  44. Belilah alitusta yang impor dari negara yang tidak mengikat dengan sangsi embargo, jangan beli dari Amerika atau yang ada komponen dari Amerika, atau hindari beli dari grup nato agar tidak terkena dampak embargo semena mena..
    Bisa beli alitusta dari Rusia, Swiss, Swedia, Pakistan.. Bisa juga dari Perancis bila RAFALE tidak terdapat sparepart buatan Amerika Serikat..

    Rusia banyak pilihan Mig 29,35.
    Su 35, 57.
    Swedia Grapen..
    Pakistan lebih murah dengan JT 17 Thunder Block 3..
    (bisa dapat banyak 1 berbanding 4.

  45. Boeing
  46. Menteri Pertahanan kita sudah benar melakukan langkah langkah jitu memainkan peranan sebagai menteri Pertahanan manuper politik sikap tegas brani dan tentunya cerdas aku yakin pak mentri memainkan politik nya dengan benar-benar☺☺tepat pada posisi kita sebagai negara besar nonblok cerdas cadas ajungan jempol pokok nya mantep edan

  47. Boeing
  48. Jika lawan Amerika sm dengan melawan NATO+ aukus
    Apalagi jika digabungkan dengan efek larangan ekspor bahan mentah ke UE, Bakalan jadi negara empuk buat di jajah.
    INDONESIA blm sekuat Rusia

  49. Boeing
  50. Boeing
  51. Diupayakan main cantik dulu cari aman demi kebutuhan nasional yg tentunnya berbenah untuk dapat lebih mandiri kelak.

  52. Boeing
  53. Boeing
  54. Hebat hebat hebat saudaraku sebangsa setanah air ku, ini lah fenomenal yg terjadi jaman sekarang ini…kita bangsa indonesia adalah bangsa yg besar dan sangat diperhitungkan oleh bangsa bangsa di dunia, kita semua sama sama tau dan pengetahuan kita yg luas semua persoalan bangsa kita yg besar ini, dikarenakan bukan bangsa kita dan pemerintahan kita itu takut? Melainkan karna bangsa ini selalu berpegang teguh dengan semua perjanjian dgn , Amerika maupun dgn usia,semuanya itu hubungan baik. intinya semua ini dikarenakan ada perjanjian perjanjian yg terikat di antara dua negara super power ini, negara ini sdh banyak belajar dari mereka karna ada kepentingan diantaranya dua negara itu yaitu , Rusia dan Amerika. tapi semuanya itu kita sudah banyak belajar dari apa yg kita dapat.. saudaraku sebangsa setanah air kita, sdh saatnya apa yg bangsa ini belajar dari masa lalu hingga sekarang, kita akan menjadi bangsa besar dan kita jadi super power di masa yg akan datang, karna kita semuanya ada. Merdeka Indonesia kejayaan bangsa ini yg tidak bisa di bendung lagi oleh negara mana un didunia, melainkan semua negara didunia membutuhkan bangsa indonesia, Tampa berperang dgn Indonesia mereka akan malu sendiri karna Indonesia semuanya ada itulah jawaban yg sebenar benarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *