Breaking: Rusia siap mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia menyatakan kesiapannya untuk mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia sesuai dengan kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan kekuatan angkatan udaranya.

Badan resmi satu-satunya perantara negara untuk urusan ekspor/impor persenjataan Rusia, JSC Rosoboronexport (bagian dari Rostec State Corporation), mengatakan hal itu dalam menanggapi pertanyaan Airspace Review mengenai kelanjutan penjualan armada Su-35 kepada Indonesia saat ini.

“Rusia dapat memasok jet tempur multi-peran, Su-35 brand-new, kepada Indonesia, mengadaptasinya sesuai kebutuhan pelanggan sebanyak mungkin. Kami yakin bahwa ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Udara Indonesia. Pada saat yang sama, kami percaya bahwa upaya apa pun oleh Amerika Serikat untuk menekan Indonesia dan negara-negara lain mengenai masalah ini tidak dapat diterima dan merupakan persaingan tidak sehat,” ujar Rosoboronexport.

Seperti diketahui, Indonesia melalui Kementerian Pertahanan pada 14 Februari 2018 telah menandatangani kontrak pembelian 11 Su-35 dari Rusia senilai 1,14 miliar dolar AS. Namun hingga kini kontrak tersebut belum dapat diimplementasikan.

Sumber-sumber menyebutkan, penangguhan pembelian Su-35 oleh Indonesia dari Rusia disebabkan oleh tekanan dari Amerika Serikat (AS).

Direktur Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik dan Militer, Dmitriy Shugaev, di sela pameran kedirgantaraan MAKS-2019 di Zhukovsky, luar kota Moskow, mengakui hal itu.

“Tekanan (dari AS) kepada mitra-mitra (pelanggan) kami dari negara manapun, terjadi dengan cara yang tidak terhormat. Tekanan terjadi setiap hari dan ini bukan rahasia lagi,” ujar Shugaev saat itu.

Tapi anehnya, kata dia, ada beberapan negara yang Amerika Serikat prioritaskan dalam kancah pertahanan internasional. Negara-negara tersebut mendapat pengecualian dari sanksi AS.

Roni Sontani

40 Replies to “Breaking: Rusia siap mengirimkan produk terbaru Su-35 kepada Indonesia”

    1. Kami mengharap pengiriman SU 35 segera terwujud sesuai dg perjanjian. Tak usah risau dg tekanan Amerika. SU 35 punya efek getar yg lebih. Kemampuan SU35 luar biasa. Semog tidak hanya 11 unit kami mengharap lebih. Dan lanjutkan mengenai IFX bersama korea yang telah ditandatangani sejak pemerintah SBY

      1. Kalo di embargo amerika efeknya pesawat buatan AS tidak bisa mendapatkan suku cadang dan AS tidak mau menjual alutsista ke indonesia selama beberapa tahun. Indonesia pernah mengalami embargo AS karena pelanggaran HAM di Timor Timur

    1. Bismillah dengan kalimat bismillah kalo ikhlas ridho dikerjakan 11 unit su.35 varian baru ada indonesia,semoga bukan cuma su.35 kita beli tapi radar,kapal selam,fregat dan korvet,kalo perlu destroy,mungkin 2020 perlu diajukan kelas krivak 3 & 4,untuk coast guard dan polairud dudukan 50 unit Antasena tuk patroli maritim dan sungai.

    1. AS itu baru nakut nakutin, harusnya pemerintah indonesia punya sikap yang tegas jangan ragu, mau beli atau ngga, contoh turkey aja bisa beli rudal S 400 rusia

      1. Dan turki dipaksa menghancurkan atau mengembalikan S-400 oleh AS atau turki tidak akan mendapatkan rudal patriot dan alutsista buatan AS lainnya

    2. Bener mas, mirip tetuko cn 235 dulu,,,tetuko = sing tuku ora teko2, sing teko ora tuku2 (yg beli gak datang2, yg dtg tdk beli2) ,,,

  1. Rakyat mendukung pembelian pesawat su 35 dari Rusia, tinggal bagaimana pemerintah apakah akan tunduk pada tekanan Amerika. Saya pikir pemerintah tdk perlu tunduk pada tekanan Amerika seperti apa yang dilakukan Mesir.

    1. Bismillah mantap tinggal pasangkan dengan F.16 V biar ada pasangannya,kalo amerika mau hibahkan ke indonesia F.16 V secara hibah tanpa beli dan embargo kita tunggu,siapa tau bukan cuma amerika sahaja tetapi syukur syukur china ikut ikutan hibahkan produknya

      1. Saya lebih setuju dan lebih bagus lagi semua alat militer beli di Rusia, lebih canggih, lebih hebat dari buatan USA. Dan alih teknologi itu yang kita butuhkan, ketimbang Amric banyak alasan HAM lah.

  2. Lebih baik sekalian sistem pertahanan S-500 ber rudal hipersonik siluman akan lebih efektif, Kita kan bertahan bukan menyerang yg butuh banyak SU35,
    Untuk menghancurkan F22 dan F35 nya musuh seperti yg dipunyai Australia dan Singapore.

  3. Ambil Pak . Pesawat model lain juga dari Lockheed Martin f-35 dan f-22 atau yang dari perancis juga boleh dicoba dulu sedikit . Biar pilot kita merasakan dulu lebih bagus yang mana . Baru kalau sudah ketahuan bagusnya beli agak banyak

  4. “Tapi anehnya ada negara2 yg mendapat pengecualian dalam meningkatkan kapasitas militernya” sedih baca ini 😭.. Sudah saatnya Negara ini jangan tergantung kepada negara lain. Ayo transfer tekhnologi dari Rusia, Turkey, Korsel. Anak bangsa ini pasti mampu. Buang sifat2 mementingkan kelompok, suku, daerah. Bangun sifat NASIONALISME mu anak negeri !!!

  5. ” Sebenernya US rugi menekan RI ”
    Sebab kita (RI) adalah negara besar di suatu kawasan yg luas. Untuk menjadi yg disegani kawan maupun lawan harus punya pertahanan yang kuat dgn alutsista yang moderen dg teknologi yg terbaru. Semuanya akan berimbas terhadap keamanan kawasan teritorial dan Internasional.

  6. Sukhoi SU 35 Brand New For Indonesian Air Force From Russia …
    How Many Years For Wait ???
    We Hear This News First Time In 2012 & Not Like Dream Come True Till Now !!!
    TO BE OR NOT TO BE !!!
    BELIEVED OR NOT …

  7. Realistislah…..
    1. Tdk akan bisa unggul thd RSAF dan RAAF smpai kapan pun.
    2. Selalu trgantung blok Barat,
    F16 A/B, F16 blok I 52 eks blok 25, Hawk, C 130, N 212, N 235, C 290, Tucano, smpai T-50 yg radarnya pakek mata. Bayangkan jika semua itu diembargo.
    3. Perawatan SU mahal, lihat SU 27/30. Lihat pngalaman India yg beli seratusan SU 30, berapa % siap tempurnya. Apalagi SU 35 yg penggunanya mash sangat trbatas.
    Suka2 dialah pasang harga perawatan.
    4. IFX Korea ??? apa pngalamannya mmbuat satpur?? teknologi radar satpur?? teknologi stealth satpur??
    tdk mngkin jalan tanpa campurtangan Amrik.
    5. Belum lagi jika bicara neraca perdagangan yg berat ke NKRI…

  8. Kalo mo beli su 35 perbaiki dulu system avionik dan radarnya, karena kurang mumpuni. Boleh beli f16 v dan rudal s400.
    Untuk itu bs ditambah rudal udara ke udara meteor, tambah jg Exocet.
    Ini sih pikiran sy aja, kalo punya s400 negara mana jg mikir masuk wilayah kita.

  9. Gak usah berlebihan..kalo saya realistis..kalo memang SU 35 gak bisa di dapat ya turun dikit aja ke SU 30sm tapi dalam jumlah 2-3 kalilipatnya

  10. Indonesia harus minta Su-57 yang terbaru untuk dibeli dari rusia sebagai negara sahabat di zaman bung karno. Kalau Su-35 terbaru indonesia harus bisa mendapatkan HIBAH dari rusia…

  11. Terlalu lama dan banyak publikasi berita tentang SU 35 Indonesia tanpa ada kepastian dan keberanian negara ini untuk mengambil keputusan dengan cepat. Jika memang batal dan jika gantinya dari AS selain F-35 lebih baik RI fokuskan arhanud minimal NASSAM di tempatkan disetiap pelosok negeri ini minimal yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, karena dunia saat ini fokus kepada system pertahanan udara/rudal untuk antisipasi jika ada gangguan dari luar sebelum memamsuki wilayah udara RI hal ini akan membuat gentar negara lain yang coba coba memasuki ruang udara RI.

  12. Saya sebagai anak bangsa nkri sangat setuju dg pembelian su-35 BM Oleh au,walau AS menghalang halangi ,jangan pedulikan!!!!!!!!! Karena sampai kiamat begitulah karakter antek israel laknatulloh alaihi,tunjukkan bahwa indonesia berpolitik luarnegri yg bebas aktif,dari segi technologi ,su-35 bm jauh lebih unggul dibanding f-16 viper,jarak terbang capai 3600 km,kemampuan super manuver yg dilengkapi variable sudut thrust vectoring nozzele,daya angkut senjata,kemampuan jelajah radar capai 400 km,dan mampu mengunci 30 jet tempur lawan sekaligus dan mampu merudal 8 diantaranya yg paling membahayakan secara serentak sekaligus telah mengadopsi kemampuan semi stealth adalah technologi yg jaaaauh lebih unggul ketimbang f-16 viper,termasuk top speed yg capai 2400 kph,ADALAH KEBODOHAN LUAR BIASA BAGI AU KALAU BELI F-16 DG ALASAN APAPUN!!!!,APAKAH TNI GAK KAPOK PERNAH DIEMBARGO LEBIH DARI 10 TAHUN OLEH USA SEMENJAK GEORGE BUSH BERIKUT ANAKNYA?APAKAH INDONESIA HARUS TUNDUK TERUS DAN JADI BONEKA AS TERUS?SAMPAI2 F-16 SEKIAN SQUADRON YG TERBANG HANYA 4 UNIT GARA2 KEHABISAN SUKU CADANG DAN DIEMBARGO?MANA NYALIMU NKRI!?! KALAU MAU BELI RANPUR DARI AS BAGUSNYA BIKIN PERJANJIAN ANTI EMBARGO DULU DG ALASAN APAPUN,KALAU TIDAK AS PUNYA KEMUNGKINAN BESAR UNTUK MELAKUKAN EMBARGO LAGI!!!!!!!,KALAU AS GAKMAU TANDA TANGANI PERJANJIAN ANTI EMBARGO MAKA HARAM HUKUMNYA BAGI TNI BELI ALUTSISTA BARU KE AS,DAN JAUHI AS,RUSIA JAUH LEBIH SETIA DG NKRI KETIMBANG AS,DAN SUDAH TERBUKTI,SEBAGIAN JET TEMPURNYA LEBIH HEBAT DARI BUATAN AS MAUPUN EROPA DG HARGA JUAL YG LEBIH MURAH KETIMBANG BUATAN AS ATAU EROPA,INI BUKAN SOAL PRO KOMUNIS TETAPI KERJASAMA DIBIDANG MILITER DEMI KEDIGDAYAAN MILITER RI DAN KEMAJUAN MILITER RI,JADI KEPUTUSAN MEMPERBANYAK ARMADA SUKHOI ITU LEBIH PAS KETIMBANG F-16 ,TOLONG INI DIPERTIMBANGKAN MUMPUNG EMBARGO BELUM DIBERLAKUKAN LAGI,AS HALANGI PEMBELIAN SU-35 KARENA AS TAHU BAHWA JET INI BISA DIPAKAI TUK MENGUBER F-35 LIGHTING 2 DAN F-22 RAPTOR WALAU JET INI MASIH GENERASI 4++ BELUM GEN KE 5 SPT SU-T50 PAK-FA,DG KEMAMPUAN SUPER MANUVERNYA SU-35 LEBIH UNGGUL DARI F-22 RAPTOR,ITULAH HAL YG DITAKUTI AS DAN NATO!!!!,KALAU SEKIRANYA TNI AU PUNYA 5 SKADRON SU-35 BM LENGKAP DG SENJATANYA,AUSTRALIA PUN IKUT MERINDING DG INDONESIA!!!!!

  13. Lengkapi SU-35 BM CAPAI LEBIH 5 SQUADRON LENGKAP DG SENJATA DAN AKSESSORISNYA,KEMUDIAN BIKIN RENCANA PEMBELIAN SUKHOI T-50 PAK-FA SEKIAN SQUADRON LENGKAP DG SEGALA ASSESORIESNYA,KALAU SUDAH BEGITU KEMUNGKINAN BESAR BISA DIPEROLEH TOT SEBAGIAN TECHNOLOGI JET TEMPUR SUKHOI DARI RUSIA,LA INI NGAK,BELI SU-35 CUMA 11 UNIT,CARANYA DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT,KOK MINTA TOT?SATU SQUADRON SAJA LUM CUKUP,WAJAR KALAU RUSIA GAK MAU TOT,KALAU AKU YG PUNYA PABRIK JELAS GAK MAU,KARENA JUMLAH PEMBELIAN TERLALU SEDIKIT LAGI DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT DLL,BIAYA PENGEMBANGAN JET TEMPUR ITU NGAK SEDIKIT,MILYARAN DOLLAR LHO,JADI WAJAR KALAU RUSIA GAK MAU TOT DG KONTRAK PEMBELIAN YG TERLALU SEDIKIT LAGI DIKERIDIT DG MINYAK SAWIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *