Intip kemampuan ranpur tak berawak Type-X buatan Milrem Robotics

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Estonia, Milrem Robotics sedang mengembangkan kendaraan tempur (ranpur) tak berawak dinamai Type-X. Ranpur menyerupai tampilan tank ringan ini ditawarkan untuk unit-unit mekanis pasukan darat masa depan.

Pendiri dan CEO Milrem Robotics Kuldar Väärsi mengatakan, tujuan jangka panjang baru adalah mengganti semua ranpur infanteri gaya lama dengan sistem baru.

Ditambahkan, kelak kekuatan militer akan menjadi semakin tergantung pada robot dan semakin sedikit orang yang akan terlibat dalam jantung operasi sebuah pertempuran.

Lalu apa yang menjadi kelebihan yang ditawarkan Type-X ?

Disebutkan Type-X dibangun berdasarkan kombinasi dari tiga elemen: transmisi hibrida (listrik dan diesel), kemampuan untuk beroperasi dalam mode yang sepenuhnya otonom, dan tidak adanya kru. 

Digadang-gadang Type-X memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan jenis kendaraan tempur infanteri (IFV) yang ada saat ini. 

Pertama, harganya hampir dua kali lebih murah. Lalu berat Type-X hanya 12 ton, artinya hampir tiga kali lebih ringan dari rata-rata IFV. Selain itu Type-X juga memiliki siluet yang rendah.

Type-X juga mudah untuk ditingkatkan (di-upgrade) karena dibangun dengan pendekatan modular penuh. Sistem sensor dan komponen lainnya dapat ditingkatkan kapanpun.

Kelebihan lainnya, Type-X bisa dikembangkan untuk beragam jenis. Mulai versi anti-tank, anti-pesawat terbang, pengusung mortir, pengusung radar hingga kendaraan kargo dan recovery.

Milrem Robotics

Versi ranpur Type-X memiliki daya gebuk yang mumpuni. Dibekali kubah bersenjatakan kanon otomatis kaliber 30 mm.

Dimensi Type-X juga terbilang kompak, panjang 6 m, tinggi 2,9 m, dan lebar 2,2 m. Sangat mudah dipindahkan lewat udara menggunakan pesawat sekelas C-130 Hercules.

Dalam pergelarannya di lapangan, Type-X akan maju didepan setelah tank tempur utama (MBT) dan unit mekanis lainnya baik jenis IFV atau APC.

Type-X dikendalikan oleh operator dari dalam kabin sebuah kendaraan khusus jenis panser atau kendaraan roda rantai. 

Type-X sangat ideal untuk digunakan pada situasi berisiko tinggi di mana kehadiran pasukan akan terlalu berbahaya. 

Milrem Robotics

Dengan baterai terisi penuh dan tangki penuh bahan bakar jenis JP8, Type-X mampu bergerak sejauh 600 km. Baterai juga dapat diisi ulang saat mesin diesel sedang berjalan. 

Milrem Robotics berharap dapat memulai pembuatan prototipe Type-X pada akhir musim panas 2020 ini. Dibutuhkan waktu tiga tahun lagi untuk sertifikasi hingga siap dijual.

Sebelum melansir Type-X, Milrem Robotics terkenal dengan produknya THeMIS UGV. Robot darat telah mendapatkan cap battle proven, digunakan militer Prancis dalam konflik di Mali.

Rangga Baswara Sawiyya

Approved by: Ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *