Angkatan Laut Rusia operasikan kapal selam terbaru B-603 Volkhov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Rusia telah mengoperasikan kapal selam serang terbaru jenis kapal selam listrik diesel (SSK) dari kelas Improved Kilo, yaitu B-603 Volkhov.

Kapal selam kedua Projet 636.3 ini ditempatkan di Armada Pasifik Rusia. Peresmian dilaksanakan di Admiralty Shipyard (bagian dari United Shipbuilding Corporation/USC), St. Petersburg pada 24 Oktober 2020.

Dalam upacara peresmian yang dipimpin oleh Panglima Tertinggi Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov tersebut dikibarkan bendera Andreevsky (St Andrews) dan panji-panji Angkatan Laut Rusia.

Direncanakan, hingga tahun 2024 sebanyak enam unit kapal selam Projet 636.3 akan dibuat untuk Pasukan Kapal Selam Armada Pasifik.

Peletakan lunas kapal selam B-603 Volkhov dilaksanakan pada Juli 2017. Sementara peluncurannya dilaksanakan pada Desember 2019.

Kapal selam diesel-listrik Project 636.3 diklaim sebagai kapal selam dengan tingkat kebisingan terendah di dunia. Kapal selam ini juga memiliki efisiensi pertempuran yang tinggi.

Kombinasi optimal antara siluman akustik dan jangkauan deteksi target, sistem navigasi inersia terbaru, sistem kontrol, informasi otomatis modern, torpedo, dan rudal yang kuat menjadikan kapal ini sebagai yang terbaik di dunia di antara kapal selam non-nuklir.

Kapal selam pertama dari Projet 636.3 adalah Petropavlovsk-Kamchatsky. Kapal ini telah diserahkan kepada Angkatan Laut Rusia pada November 2019.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *