Distrik Militer Pusat Rusia akan dilengkapi radar pendeteksi pesawat siluman

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Divisi Pertahanan Udara ke-76 Distrik Milier Pusat (CMD) Rusia akan dilengkapi sepenuhnya dengan radar pendeteksi pesawat siluman, 55Zh6M Nebo-M. Saat ini unit pertama radar Nebo-M telah disediakan. Demikian dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Radar ini, jelas kementerian, dapat memantau target aerodinamis sepanjang waktu di wilayah seluas 1 juta kilometer persegi.

Radar Nebo-M dapat mendeteksi pesawat siluman, drone, dan rudal balistik.

“Ini adalah bagian dari rencana untuk menciptakan lapangan radar total di sepanjang perbatasan nasional,” tulis harian Izvestia.

Divisi Pertahanan Udara ke-76 sendiri merupakan formasi pertahanan udara terbesar Rusia di Asia Tengah.

Radar ini akan melindungi Samara, Yekaterinburg, dan pangkalan penerbangan Rusia di Engels yang menampung pembom strategis Tu-95MS dan Tu-160.

Radar Nebo-M akan melengkapi sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf, sistem senjata rudal dan kanon Pantsir, serta radar lainnya yang telah ditempatkan di Divisi Pertahanan Udara k-76.

Rencana membuat medan radar total di sepanjang pertabatasan Rusia, telah diumumkan pada akhir 2019.

Nebo-M mendeteksi target di ketinggian sedang dan tinggi. Radar ini biasanya beroperasi bersama dengan radar Podlet yang memantau target penerbangan rendah.

Menurut Almaz-Antey Concern perusahaan yang membuat radar ini, radar Nebo-M memiliki jangkauan hingga 600 km dan dapat mendeteksi target udara apa pun. Target berupa penampang satu meter persegi masih bisa dideteksi dengan baik pada jarak tangkapan maksimal.

Nebo-M menyatukan tiga radar independen yang dibawa oleh kendaraan terpisah. Radar-radar tersebut beroperasi dalam pita sentimeter, desimeter, dan meter.

Pos komando mengumpulkan informasi. Radar ini dapat beroperasi sendiri atau bersama-sama.

Nebo-M disebut sebagai radar modern dengan pemrosesan sinyal digital. Radar ini secara otomatis dapat berinteraksi dengan sistem pertahanan udara S-400 maupun S-300V4 dengan jangkauan 400 km.

Pertukaran informasi antara empat kendaraan (radar dan pos komando) menggunakan sistem nirkabel. Setiap radar dilengkapi generator listrik 100 KW. Penyiapan radar hanya membutuhkan waktu 25 menit saja.

Seri pertama radar Nebo-M telah dipasang di Distrik Militer Barat (WMD) pada 2017. Radar-radar ini ditempatkan di wilayah Transbaikalia, Khabarovsk, dan Primorye.

Radar bergerak Nebo-M juga telah dikirim ke Krimea pada 2018 dan dapat ditarik sewaktu-waktu dengan cepat baik melalui jalur darat maupun dengan pengangkutan udara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *