Setelah tiba di Brasil, Gripen E langsung tancap gas

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah tiba di Brasil pada Minggu, 20 September 2020, unit pertama Saab Gripen E yang di Angkatan Udara Brasil (FAB) diberi kode F-39E (39-6001, nomor ekor FAB4100), kini mulai melaksanakan pengujian mesin untuk persiapan penerbangan pertamanya di negeri itu.

Brasil mengakuisisi 36 unti Gripen NG (28 varian E dan 8 varian F) buatan Saab, Swedia tahun 2015 senilai 5,4 miliar dolar AS berikut persenjataannya. Unit pertama Gripen E dikirimkan dari Swedia ke Brasil menggunakan kapal laut.

Setibanya di Pelabuhan Navegantes, di Santa Catarina, pesawat langsung dipindahkan melalui jalan darat ke Bandara Navegantes.

Diberitakan media lokal, pemindahan pesawat dari pelabuhan ke Bandara Ministro Victor Konder menarik perhatian masyarakat walaupun pemindahan dilaksanakan pada pukul 4 pagi. Banyak warga yang mengikuti proses pemindahan pesawat itu sejauh kurang lebih dua kilometer.

Pembelian pesawat tempur Gripen NG oleh Brasil dari Swedia telah menarik perhatian banyak kalangan. Tidak mengherankan apabila kedatangannya pun sangat ditunggu-tunggu.

Pesawat saat ini sedang menjalani persiapan untuk penerbangan ke Gavião Peixoto (interior São Paulo) yang dijadwalkan pada 25 September.

Sebelum diterbangkan, F-39 Gripen E, masih harus menjalani beberapa perakitan berkaitan dengan peralatan yang akan digunakan. Pada 23 Oktober nanti, pesawat ini akan diterbangkan di hadapan publik pada perayaan Hari Penerbang di Brasília.

Gripen E BrasilVia Cavok

Unit pertama Gripen E yang dikirimkan ke Brasil, pertama kali mengudara di Swedia pada 26 Agustus 2019. Setelah itu, selama setahun pesawat menjalani beragam uji penerbangan termasuk uji sistem dan radar.

Serah terima unit pertama Gripen E dari Saab kepada pemerintah Brasil akan dilaksanakan tahun depan. Sementara untuk Gripen F penyerahan akan dimulai pada 2023.

Sesuai kontrak yang disepakati, Saab akan membangun 13 unit Gripen NG di Linköping, Swedia. Sementara 23 unit sisanya akan dibangun di Brasil.

Saab Aeronáutica Montagens (SAM) merupakan industri struktur aero pertama yang dibangun Saab di luar Swedia. Pabrik ini akan menjalankan program pembuatan Gripen NG di Brasil bekerja sama dengan industri dirgantara dalam negeri, Embraer.

Kerucut ekor dan badan bagian depan dari Gripen E, adalah komponen-komponen pertama yang akan dibuat di SAM. Setelah itu dilanjutkan dengan komponen rem aerodinamik, badan belakang, wing box, badan depan, dan lainnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *