AL Inggris tuntaskan pengujian torpedo Spearfish terbaru di Skotlandia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy) telah menuntaskan uji coba torpedo Spearfish terbaru (hasil peningkatan kapabilitas) di Skotlandia.

Selama uji coba, torpedo canggih tersebut “ditembakkan” terus menerus dari fregat HMS Sutherland. Penembakan beru lang kali dilakukan untuk membantu ilmuwan, insinyur, dan pelaut menilai kinerjanya.

Perwira Teknik Senjata Lieutenant Commander (Mayor) David Tinsley mengatakan, uji coba penembakan Spearfish bukan pertama kali dilakukan dari HMS Sutherland. Berbagai mitra militer dan industri terlibat dalam pengujian ini.

Pengujian dilaksanakan selama empat hari di dekat Kyle of Lochalsh mencakup perangkat lunak dan perangkat keras.

Dijelaskan, hulu ledak di Spearfish hasil upgrade memiliki kekuatan enam kali dibandingkan dengan torpedo Sting Ray yang berukuran lebih kecil.

Torpedo baru ini mampu menghancurkan kapal fregat, kapal perusak, dan sasaran-sasaran yang mengancam di bawah permukaan air.

Torpedo Spearfish dikembangkan pertama kali oleh BAE Systems pada era 1970-an dan mulai diproduksi sejak 1988.

Torpedo kelas berat untuk persenjataan kapal selam ini memiliki bobot 1.850 kg dengan panjang 7 m dan diameter 533 mm. Jarak tembak mencapai 54 km (29 nm).

Program upgrade torpedo Spearfish senilai 270 juta poundsterling mendapat persetujuan Kementerian Pertahanan Inggris pada 2014.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *