Industri Militer Arab Saudi (SAMI) bergerak maju dalam teknologi: UCAV hingga kendaraan lapis baja dipamerkan di WDS 2024

SAMI UCAV_ WDS 2024EDR On-Line
ROE

DI AJANG World Defense Show (WDS) 2024 yang baru selesai dilaksanakan pada 4-8 Februari, Industri Militer Arab Saudi (SAMI) memamerkan beragam produknya. Di antaranya adalah konsep Unmanned Combat Air Vehicle (UCAV), sistem darat, pembangunan fasilitas baru, hingga kendaraan darat lapis baja.

Terkait UCAV, SAMI menyatakan bahwa ini masih sebatas tahap konsep, namun mock-up UCAV yang sedang dikembangkan oleh SAMI tersebut cukup menarik perhatian pengunjung. Panjangnya 11 m, lebar sayap 8,8 meter, berat lepas landas maksimum (MTOW) 3.200 kg dan muatannya 400 kg.

UCAV ini memiliki bidang belakang berbentuk V dan akan ditenagai oleh turbofan bypass rendah yang memberikan gaya dorong 10 kN dengan asupan udara terdapat di bagian atas belakang badan pesawat.

Bentuk badan pesawat jelas dirancang untuk kemampuan observasi yang rendah, bukan kemampuan siluman seperti yang digarisbawahi oleh insinyur yang memberikan data di atas kepada EDR On-Line, jenis propulsi bukanlah pilihan terbaik untuk mengurangi tanda termal, meskipun diameter mesin harusnya sama, seperti diwartakan EDR On-Line.

Roda pendaratan dapat ditarik, sementara senjata akan ditempatkan di ruang dalam, untuk menjaga tingkat pengamatan yang rendah terhadap sensor radar.

Selain bentuknya, penggunaan material yang sulit diamati juga akan mengurangi visibilitas UCAV terhadap radar. Dikatakan bahwa apa yang dipamerkan di WDS adalah model konsep, SAMI menunggu persyaratan dari Royal Saudi Air Force (RSAF), sehingga tidak ada jadwal pengembangan sistem yang tersedia.

SAMI sedang membangun fasilitas pabrik di Al Kharj, 90 km tenggara Riyadh. Menurut informasi penyelesaiannya diperkirakan akan tuntas pada 2025. Fasilitas ini menempati lahan seluas 82 km2 dan tidak hanya akan menjadi tempat produksi tetapi juga penelitian dan pengembangan serta rekayasa.

Setelah beroperasi penuh, pabrik ini akan menarik sekitar 1.500 lapangan kerja di wilayah tersebut, dan kemampuan produksi tahunannya diperkirakan mencapai 960 kendaraan.

Saat ini SAMI hanya memproduksi kendaraan lapis baja 4X4, namun pabrik baru tersebut juga akan memproduksi platform 6X6 dan 8X8, baik yang dirancang sendiri atau bekerja sama dengan entitas lain.

Pada WDS 2024 perusahaan juga meluncurkan kendaraan tattis Ubayyah 2, yang merupakan peningkatan dari Ubayyah sebelumnya. Berdasarkan sasis Ford 550, tingkat perlindungannya ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Versi baru ini memiliki bobot kotor kendaraan sebesar 9.800 kg, tidak ada indikasi muatan yang diberikan.

Didukung oleh mesin turbodiesel V8 6,7 liter yang menghasilkan 330 hp, rasio power-to-weight yang tinggi akan memungkinkan optimal, seperti yang sebagian ditunjukkan di WDS. Menurut SAMI kecepatan maksimum di jalan raya adalah 120 km/jam, sedangkan di luar jalan raya kecepatan maksimumnya adalah 60 km/jam, tangki bahan bakar 258 liter memberikan kemampuan misi ketahanan lama, tidak ada nomor yang diberikan.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *