Rusia akan luncurkan rudal Iskander dan Tornado-S MLRS dalam latihan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia akan meluncurkan serangan rudal Iskander dan sistem peluncur roket multilaras (MLRS) Tornado-S dalam latihan di Wilayah Astrakhan minggu depan.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pelaksanaan latihan sebagai hasil dari pertemuan membahas operasi khusus dan penggunaan persenjataan-persenjataan modern.

Latihan penembakan kali ini akan melibatkan sedikitnya dua puluh peralatan militer dan 100 personel.

Latihan akan dihadiri oleh para jenderal di komando militer pusat dan para perwira tinggi lainnya di satuan-satuan strategis, seperti komandan pasukan rudal dan persenjataan artileri, komandan pusat-pusat pelatihan, dan lainnya.

Tahun lalu, latihan serupa digelar di Wilayah Kaliningrad untuk menyimulasikan sitem serangan rudal taktis Iskander. Latihan tersebut disertai dengan dukungan udara menggunakan helikopter serang Mi-24 dan jet tempur multiperan Su-30SM.

Rudal 9K720 Iskander (NATO: SS-26 Stone) merupakan jenis rudal balistik jarak pendek yang diusung dalam kendaraan pengangkut bergerak. Sistem rudal ini dirancang untuk menggantikan peran sistem yang lama OTR-21 Tochka.

Rudal Iskander memiliki hulu ledak beragam, mulai dari hulu ledak konvensional hingga hulu ledak fragmentasi bedaya ledak tinggi, hingga hulu ledak nuklir.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *