Simulator helikopter Ansat raih sertifikasi sesuai standar internasional

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Simulator helikopter Ansat telah meraih sertifikasi kualifikasi positif sesuai standar internasional. Sertifikasi didapat usai simulator ini dievaluasi kompatibilitasnya oleh Central Aerohydrodynamic Institute atau yang dikenal dengan nama N.E. Zhukovsky (TsAGI).

Simulator Ansat dibuat oleh Kazan Helicopter Plant (KHP), anak perusahaan Russian Helicopters, bagian dari Perusahaan Negara Rostec, Rusia. KHP pula yang memproduksi heli Ansat untuk pasar dalam dan luar negeri.

Russian Helicopters dalam siaran berita yang diterima Airspace Review (11/7)menjelaskan, simulator Ansat yang komprehensif telah diuji kelayakannya sesuai persyaratan dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Karakteristik yang dievaluasi meliputi tata letak dan desain kokpit, simulasi penerbangan dan dinamika mesin, pengendalian di darat, sistem helikopter, akustik, efek getaran dan visual, serta navigasi. Hasil penilaiannya, semua dinyatakan positif.

“Kami menganggap sertifikasi simulator helikopter Ansat telah sesuai dengan standar ICAO. Ini merupakan salah satu pencapaian penting perusahaan kami. Pusat Pelatihan Penerbangan kami sekarang sedang menunggu siswa pertama yang akan lulus pelatihan simulator pada Agustus 2020. Pelatihan ini akan diselenggarakan bagi para pelanggan asing. Pelatihan pilot termasuk paket dalam harga helikopter dari semua pesanan ekspor,” kata Direktur Pelaksana KHP, Yuri Pustovgarov.

Ia menambahkan, model simulator Ansat yang dikembangkan oleh KHP berdasarkan data uji terbang helikopter yang disediakan oleh Biro Desain KHP. Kokpit dan interior simulator sepenuhnya asli. Sementara instrumentasi diganti dengan perangkat simulator, tetapi penampilan dan fungsinya sepenuhnya sesuai dengan aslinya.

Simulator Ansat dilengkapi dengan sistem visualisasi yang memberikan visibilitas penuh dari kursi pilot. Simulator ini menampilkan dua area berbeda, yaitu kota Kazan dengan Pusat Uji Terbang KHP dan kota Sochi.

Platform bergetar dan sistem audio dalam simulator ini, jelas Russian Helicopters, membantu menyimulasikan efek getaran dan akustik penerbangan. Dengan menggunakan simulator, para pilot akan terlatih dan dapat melakukan manuver helikopter dalam berbagai kondisi, termasuk dalam situasi berbahaya dan darurat.

Simulator Ansat yang komprehensif, dirancang dan diproduksi sebagai bagian dari proyek investasi dengan tema “Konsep Pengembangan untuk Pusat Pelatihan Penerbangan Kazan Helicopter Plant, anak perusahaan induk Russian Helicopters.”

Selain helikopter Ansat, di Pusat Pelatihan Penerbangan KHP juga terdapat simulator komprehensif untuk helikopter Mi-8MTV. Kabin simulator heli ini telah disesuaikan untuk simulasi pelatihan pilot di malam hari menggunakan kacamata penglihatan malam.

Selain itu, simulator ini memiliki unit akustik getar yang dapat mengurangi getaran dan suara helikopter disesuaikan dengan mode dan kondisi penerbangan.

Helikopter Ansat dilengkapi Inkubator bayi
Russian Helicopters

Pusat Pelatihan Penerbangan Kazan Helicopter Plant, didirikan pada 1995. Selama lebih dari 20 tahun, pusat pelatihan ini telah menghasilkan hampir 9.000 spesialis.

Pusat pelatihan ini juga menyediakan kursus pelatihan ulang dan pengembangan profesional untuk para pilot, insinyur, dan spesialis teknis.

Para guru yang melatih para siswa di pusat-pusat pelatihan terkemuka di Rusia maupun di luar negeri, telah memiliki sertifikat terdaftar dari pabrik pesawat terbang.

Pusat Pelatihan Penerbangan KHP yang telah menyediakan pelatihan untuk helikopter jenis Mi-8/17 dan Ansat, di masa depan juga akan mengembangkan program pelatihan serupa untuk helikopter Mi-38.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *