Soframe VBMO, kendaraan keamanan internal baru untuk Gendarmerie Nationale Perancis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Soframe mengumumkan pada 28 Oktober 2021, bahwa Kementerian Dalam Negeri Perancis telah memilih kendaraan buatannya untuk pembaruan armada Gendarmerie Nationale.

Dinamai sebagai VBMO (Véhicule Blindé de Maintien de l’Ordre) atau kendaraan penegakan hukum lapis baja, dengan sistem penggerak 4X4.

Soframe VBMO dipilih sebagai hasil dari kompetisi yang diluncurkan musim semi lalu untuk penggantian kendaraan lapis baja dari Gendarmerie Nationale yang mulai menua.

VBMO sesuai dengan persyaratan Gendarmerie Nationale, kendaraan tangguh dan bertenaga yang menawarkan keamanan dan kenyamanan bagi personel yang dikerahkan dari waktu ke waktu.

Soframe mengembangkan VBMO berdasarkan rantis ARIVE (ARmoured Infantry Vehicle), menggunakan sasis truk Mercedez Benz Unimog. Telah diproduksi 1.800 unit sejak 2016.

Digerakkan menggunakan mesin diesel berdaya 306 hp dengan transmisi otomatis 6 percepatan. Kecepatan maksimumnya 100 km/jam dengan kapasitas muat tangki untuk 220 liter solar.

VBMO dapat menampung hingga 10 pasukan keamanan didalamnya termasuk semua peralatan perlindungan huru-hara dan komunikasi.

Soframe VBMO
Soframe

Sebanyak 90 unit VBMO akan menggantikan kendaraan keamanan internal gaek Gendarmerie Nationale yakni Berliet VXB-170 yang dimiliki sejak 1973.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *