Helikopter Ansat dilengkapi perlatan inkubator untuk bayi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kazan Helicopters, bagian dari Russian Helicopters/Rostec, telah mendapatkan izin dari Badan Transportasi Udara Federal Rusia (Rosaviatsiya) guna melengkapi helikopter Ansat dengan modul khusus untuk pengangkutan pasien neonatal.

Peralatan berupa inkubator ini digunakan saat dilaksanakan misi evakuasi medik udara terhadap bayi.

Pemasangan modul transportasi udara neonatal telah melewati seluruh rangkaian uji yang disyaratkan untuk memperoleh sertifikasinya.

Selama tahap pengujian di darat, tulis Russian Helicopters dalam rilis yang diterima Airspace Review (12/3/2020), tim sertifikasi mendemonstrasikan kemampuan melakukan evakuasi darurat para kru, pekerja medis, dan pasien neonatal.

Selanjutnya, uji penerbangan dilakukan untuk mengevaluasi kinerja modul dan memverifikasi kompatibilitas elektromagnetiknya dengan peralatan standar helikopter.

Modul baru medik udara untuk bayi ini dikembangkan bersama dengan Ural Optical and Mechanical Plant (anak perusahaan Shvabe).

Sementara produsen modul medis Ansat, Kazan Aggregate Plant, mengembangkan platform khusus untuk inkubator menggantikan desain tandu. Modifikasi ini tidak perlu mendesain ulang interior heli.

“Kemampuan untuk menginstal modul medis neonatal untuk Ansat telah diminati sejak lama. Berkat kerja sama perusahaan induk Rostec dan mitra lainnya, helikopter sekarang dilengkapi dengan peralatan yang ditingkatkan, yang memungkinkan tim medis dapat terus memantau kondisi bayi, mempertahankan fungsi vital tubuh dan melakukan terapi intensif selama penerbangan,” kata Direktur Pelaksana Helikopter Kazan Yuri Pustovgarov.

Inkubator bayi dilengkapi beragam peralatan medis termasuk ventilator paru-paru buatan, unit pemantauan, aspirator, dan pompa infus.

Modul neonatal ini dapat dipasang secara opsional pada semua helikopter Ansat yang dilengkapi dengan modul medis dasar.

Helikopter Ansat digunakan untuk operasi penyelamatan di berbagai wilayah Rusia dengan aplikasi geografi yang terus berkembang.

Program pengembangan armada ambulans udara Rusia inni telah diimplementasikan sejak 2017 dan sekarang menjadi bagian dari proyek Kesehatan Nasional.

Ansat adalah helikopter ringan bermesin ganda serbaguna yang diproduksi oleh Kazan Helicopters. Sesuai sertifikasinya, desain heli ini memungkinkannya untuk digunakan sebagai heli angkut kargo maupun penumpang dengan kapasitas tujuh orang.

Tambahan sertifikat tipe untuk modifikasi Ansat dengan modul medis telah diperoleh pada Mei 2015.

Ansat dapat dioperasikan pada suhu berkisar antara -45C hingga +50C dan digunakan di wilayah pegunungan tinggi.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *