Accuracy International luncurkan dua senapan runduk terbaru

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan senjata asal Inggris, Accuracy International Ltd. (AI), telah meluncurkan dua senapan runduk (sniper rifle) terbarunya yaitu AX MKIII dan AX50 ELR.

Kedua senapan dipamerkan pada ajang British Shooting Show di NEC, Birmingham, Inggris tanggal 14-16 Februari.

Perusahaan mengatakan, AX MKIII adalah perwujudan terkini dari sebuah perjalanan panjang dan keandalan senapan runduk buatan AI di medan perang.

AX MKIII merupakan hasil evolusi dari senapan multikaliber AXMC dan adalah varian terbaru dari senapan AXSR yang dibuat khusus untuk pasar Amerika Serikat.

Senapan dibuat untuk memenuhi standar kebutuhan operasional negara-negara di kawasan Eropa (NATO) maupun negara di kawasan lainnya dan telah berhasil melewati uji NATO.

MKIII yang dilengkapi dengan fitur-fitur baru menggunakan munisi .338 Lapua Magnum. Senapan dapat menggunakan konversi multikaliber sehingga memudahkan penggunaan sesuai misi yang dilaksanakan.

Fitur-fitur terbaru antara lain penggunaan rel dudukan untuk pemasangan tripod Arca-Swiss Style di bawah laras bagian depan, pegangan tangan di bagian depan, barricade support, dan sistem laras Quickloc yang dibaut ke sasis alumunium.

Perbaikan desain mencakup bolt (penutup kokang), lock ring (ring pengunci), jepitan keselamatan tiga posisi (three position safety catch), serta karet pegangan pistol AR yang stylish dan bisa diganti-ganti.

Untuk kantong munisi, menggunakan magasin lepas-pasang berkapasitas 10 butir peluru dengan penempatan model tumpuk ganda (double stack) tanpa adapter.

AX50 ELR

Sementara untuk AX 50 ELR, ini merupakan senapan runduk antimaterial jarak jauh. Senapan ini juga menggunakan sistem multikaliber. Untuk amunisi menggunakan .50 BMG dan dapat dikonversi ke .408 CheyTac atau .375 CheyTac.

Sama dengan MKIII, AX50 ELR dilengkapi rel dudukan untuk tripod Arca-Swiss Style, pegangan tangan di bagian depan, barricade support, Quickloc barrel system, dan magasin tumpuk ganda dengan kapasitas 10 butir peluru.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *