USAF kembali pamerkan aksi Elephant Walk 52 F-35A

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) kembali memamerkan aksi ‘elephant walk’ jet siluman F-35A Lightning II. Kali ini sebanyak 52 pesawat generasi kelima buatan Lockheed Martin itu beraksi di Pangkalan Udara Hill (Hill AFB) Utah. 

Aksi massal pergerakan serentak F-35A di landasan ini dilaksanakan dalam rangka latihan bertajuk Combat Power Exercise yang digelar oleh Wing Tempur Aktif ke-388 dan Wing Tempur Cadangan ke-419 pada Senin, 6 Januari.

Latihan akan dilaksanakan selama lebih satu bulan. Kawanan burung besi F-35A akan melaksanakan beragam demonstrasi kesiapan dan kemampuan tempurnya. 

Selain kemampuan para pilot untuk melaksanakan pertempuran udara ke udara dan pertempuran udara ke darat, juga didemonstrasikan kemampuan dari para personel teknik, kru operasi darat, hingga personel operasi penerbangan.

USAF menyatakan, Hill AFB saat ini sudah mencapai kesiapan penuh pengoperasian F-35A setelah menerima pesawat pertama Lightning II empat tahun lalu, yaitu pada September 2015. 

Hingga saat ini kedua wing tempur di Hill AFB itu telah membukukan 15.500 sorti penerbangan F-35A dengan akumulasi 33.000 jam terbang.

Wing Tempur ke-388 membawahi Skadron Tempur ke-4, ke-34, dan ke-421. Masing-masing skadron memiliki 24 F-35A dengan enam pesawat cadangan. 

Hill AFB dipilih menjadi pangkalan udara pertama F-35A karena letaknya yang strategis. Pangkalan udara ini dekat dengan Utah Test and Training Range serta Ogden Air Logistics Complex. 

Selain wilayahnya yang luas, Hill AFB memiliki iklim yang mendukung untuk pelaksanaan latihan operasi udara.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *