Perusahaan patungan Ukraina-Ceko menghadirkan drone baru Leleka LR

Leleka LR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ukraina telah meluncurkan drone barunya bernama Leleka LR yang diproduksi oleh perusahaan Deviro di Republik Ceko.

Produksi berbasis di negara lain ini bertujuan untuk mengamankan basis material, teknis, dan jalur produksinya, seperti dilansir Militernyi (10/11).

Sementara Ukraina akan mempertahankan fasilitas pengujian, layanan, dan pelatihan operator dari drone Leleka LR tersebut.

Drone taktis ini berfungsi untuk pengintaian, pengawasan, dan penyesuaian tembakan dari sistem artileri medan termasuk HIMARS.

Dilengkapi modul optik-elektronik dua sumbu yang distabilkan gyro dengan kemampuan zoom optik 25 kali lipat dan zoom digital 4 kali lipat. Tersedia dalam versi siang dan malam, dilengkapi dengan pengawasan pencitraan termal.

Komputer onboard-nya menggunakan algoritma pemrosesan video digital, memungkinkan pelacakan otomatis objek statis maupun bergerak.

Untuk spesifikasinya, Leleka LR memiliki bentang sayap 3, dengan bobot lepas landas maksimum (MTOW) 8,7 kg dan mampu membawa muatan hingga 600 gram.

Radius penerbangannya mencapai hingga 90 km, terbang pada ketinggian 1.500 hingga 2.000 m. Kecepatan terbangnya antara 22 hingga 32 m/detik dengan durasi terbangmencapai 4 jam.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *