Brasil Lengkapi Santa Cruz AFB dengan Menara ATC Jauh Frequentis smartVision

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Era baru dimulai. Mengawasi dan mengatur pergerakan pesawat di bandara tidak perlu lagi dengan cara-cara konvensial yang hanya mengandalkan kemampuan pandangan mata manusia melalui jendela menara.

Teknologi baru telah diciptakan. Menara pengatur lalu lintas pesawat jarak jauh (remote air traffic control) buatan Frequentis, Austria, misalnya, mampu menghadirkan kondisi riil bandara 360 derajat melalui layar video.

Petugas menara ATC pun kini hanya tinggal melihat layar-layar tv yang disediakan di ruangan kerjanya.

Sangat detail karena situasi baik siang maupun malam hari dapat ditampilkan dengan jelas. Seluruh pergerakan pesawat terlihat. Bahkan, gambar pun bisa diperbesar (zoomed) dan dipilih mana yang akan diawasi.

BACA  Militer Jerman beli rudal panggul Enforcer dari MBDA

Bandara-bandara besar di dunia, umumnya telah menggunakan teknologi ini untuk lebih meningkatkan keselamatan penerbangan dan mengurangi kelelahan petugas akibat tingginya beban kerja yang dihadapi.

smartVision Remote ATC
Frequentis

Pada 21 Oktober, Brasil adalah negara yang turut melengkapi Pangkalan Udara Santa Cruz di Rio de Janeiro dengan smartVision tower buatan Frequentis, Austria.

Menara pengatur lalu lintas pesawat jarak jauh ini menjadikan Santa Cruz AFB melalui pengadaan oleh Departemen Kendali Ruang Udara Brasil (DECEA) menjadi pangkalan udara modern.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *