Terungkap, Harbin Kembangkan Z-20F Heli Berbasis Kapal Perang

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah memperkenalkan secara resmi heli serbaguna Z-20 dalam gerlaran China Helicopter Exposition (CHE) pada 10-14 Oktober lalu, diketahui secara pararel sang produsen Harbin juga mengembangkan vesi ‘naval’ seri Z-20.

Dari foto yang tersebar di dunia maya, heli yang dinamai Z-20F ini tampak memiliki sedikit perbedaan. Roda belakangnya terdiri dari dua unit dan posisinya ditarik ke tengah badan.

Penempatan roda ini dimaksudkan untuk pengembangan heli Z-20F dengan tiang (boom) rotor yang bisa dilipat. Termasuk baling-baling utama yang bisa ditekuk ke belakang guna menghemat tempat di atas dek kapal perang.

Dilansir dari laman The Drive, heli Z-20F rencananya akan ditempatkan di atas dek tipe kapal perusak Type 055 Nanchang terbaru milik Tentara Pembebasan Rakyat Angkatan Laut (PLAN). Setidaknya tiga atau empat kapal berbobot 10.000 ton ini tengah dibangun.

Bahkan, uji penempatan mock-up Z-20 di belakang buritan kapal Type 055 telah terlihat pada April 2019 di Qingdao, China. Dek kapal Type 055 setidaknya dapat menampung dua heli Z-20F.

Heli Z-20F memiliki peran yang serupa seperti heli milik AL Amerika Serikat Sikorsky SH-60B/F dan MH-60 Sea Hawk.

Selain berfungsi sebagai heli antikapal selam dan kapal permukaan, Z-20F dapat berperan sebagai wahana SAR dan angkut.

Tampak di hidung Z-20F terpasang perangkat sensor FLIR dan radar pencarian yang terpasang di bagian perutnya. Termasuk juga antena komunikasi UHF dan data link yang ditempatkan di boom ekor.

Selain versi antikapal, Harbin juga tengah mengembangkan Z-20F versi bersenjata serupa dengan MH-60R (Romeo) milik AL Amerika Serikat. Heli berperan sebagai pemberi dukungan tembakan dari udara saat operasi penyerbuan amfibi.

Z-20F

Di tangan PLAN, heli Z-20F dengan berat MTOW 10 ton ini akan mengisi celah antara heli Z-9 kelas 4 ton dan Z-18F kelas 13 ton.

Selain akan berdinas di atas dek kapal perusak, Z-20F juga akan ditempatkan di atas kapal jenis fregat dan kapal serbu amfibi (LHD) milik PLAN.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *