Panglima TNI perintahkan 4 F-16 TNI AU merapat ke Natuna

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan pengerahan empat jet tempur F-16 TNI AU dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin untuk merapat ke Natuna. 

Keempat pesawat, terbang dari markasnya di Bumi Lancang Kuning menuju Natuna pada Selasa, 7 Januari.

Selama tujuh hari ke depan, empat Fighting Falcon tersebut akan bersiaga di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Raden Sadjad di Ranai, Natuna dan melaksanakan patroli di Perairan Natuna dengan sandi Operasi Lintas Elang 20.

Seperti diketahui, eskalasi dinamika di Laut Natuna Utara meningkat dalam beberapa hari terakhir terkait kehadiran kapal-kapal nelayan China yang dikawal kapal Penjaga Pantai China di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia. Kapal-kapal nelayan berukuran besar tersebut mengambil ikan di perairan ZEE Indonesia.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono telah mengambil sikap dan tindakan tegas dengan mengerahkan kapal-kapal perang TNI AL dari Komando Armada I TNI AL ke Natuna.

Menjaga kedaulatan

Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) menyatakan, empat F-16 yang dikerahkan dari Skadron Udara 16 diawaki oleh enam penerbang dan 60 personel teknisi/kru darat.

Sementara itu, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Moningka saat mengantar keberangkatan armada F-16 berpesan agar seluruh personel yang bertugas dapat melaksanakan patroli Lintas Elang 20 dengan penung tanggung jawab dan memahami seluruh peraturan prosedur operasi standar (SOP) yang berlaku.

Marsekal TNI HAdi Tjahjanto
Nova Wahyudi/Antara Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

“Tugas di wilayah Natuna adalah untuk menjaga kedaulatan Indonesia dan agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan konflik. Ingat, jangan membuat provokasi. Tugas kita adalah pengamanan wilayah kedaulatan Indonesia. Laksanakan perintah dengan baik dan keselamatan terbang dan kerja adalah yang paling utama,” ujar Ronny

Ronny menegaskan, pengerahan empat F-16 dari Skadron Udara 16 merupakan perintah dari pimpinan. Dalam hal ini Panglima TNI.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *