Angkatan Udara Australia Lengkap Operasikan 49 Pilatus PC-21

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Australia telah lengkap mengoperasikan 49 unit pesawat latih Pilatus PC-21. Pesawat ini dibeli melalui kontrak tahun 2015 senilai 1,5 miliar dolar Australia termasuk paket pelatihannya.

Mengutip FlightGlobal, perusahaan konsorsium yang ditunjuk dalam penyediaan PC-21 untuk RAAF terdiri dari Lockheed Martin, Pilatus, dan Hawker Pacific.

RAAF menempatkan armada PC-21 di RAAF East Sale, Victoria dan RAAF Peirce di Australia Barat. Pesawat ini menggantikan armada terdahulu PC-9/A yang telah dioperasikan selama tiga dekade.

Di RAAF pesawat PC-21 juga mengisi jajaran tim aerobatik Roulettes. Pesawat ini juga dioperasikan di RAAF Edinburgh sebagai pesawat uji dan evaluasi serta di RAAF Edinburgh sebagai pesawat kendali udara depan.

PC-21
RAAF

Pilatus PC-21 terbang perdana pada 1 Juli 2002. Pesawat dengan panjang 11,23 m, rentang sayap 9,1 m, dan tinggi 3,74 m ini ditenagai satu mesin PT6A-68B turboprop buatan Pratt & Whitney Canada dengan lima bilah baling-baling.

Pesawat dengan bobot terbang maksimal (MTOW) 4.250 kg ini dapat melaju di udara dengan kecepatan maksimal hingga 685 km/jam.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *