Ketika Pesawat Angkut dan Tanker Paman Sam Berkumpul Tunjukkan Kesiapan Situasi Darurat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Puluhan pesawat angkut berbagai tipe milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS – USAF) berpartisipasi dalam latihan kesiapan bersandi Exercise Mobility Guardian 2019 di Fairchild Air Force Base, Washington pada 8 hingga 28 September lalu.

Kawanan pesawat angkut dan pesawat tanker yang dilibatkan dalam latihan rutin dua tahunan ini adalah C-5 Super Galaxy, C-17 Globemaster III, C-120H/J Hercules/Super Hercules, KC-10 Extender, dan KC-135 Stratotanker.

Dalam sesi latihannya, masing-masing kelompok pesawat berbanjar dan melakukan aksi ‘elephant walk’ sebelum melakukan penerbangan.

Exercise-Mobility-Guardian-2019_3
USAF

Aksi ini tidak lain sekaligus untuk menunjukkan kesiapan armada pesawat angkut dan tanker yang dimiliki oleh satuan-satuan USAF.

Tercatat 46 pesawat USAF dikerahkan mengikuti kegiatan latihan terbesar dua tahunan yang digelar oleh Komando Mobilitas Udara (AMC) ini.

Latihan diikuti oleh total 4.000 peserta dari 26 negara sekutu dan mitra Amerika Serikat. Termasuk di dalamnya adalah para personel penerbangan dari angkatan udara, angkatan laut, angkatan darat, dan korps marinir.

Exercise-Mobility-Guardian-2019_2
USAF

USAF sendiri mengerahkan 2.500 personelnya dalam latihan berskala internasional ini.

Exercise Mobility Guardian 2019 melaksanakan beragam latihan kesiapan menghadapi situasi-situasi darurat yang mungkin terjadi di seluruh belahan dunia. AU AS dan sejumlah angkatan udara hadir dan memberikan pertolongan.

KC-10
USAF
Exercise Mobility Guardian 2019
USAF

Dalam latihan ini dilaksanakan 388 misi penerbangan dengan mengangkut 987 personel, lebih 20 ton kargo, dan menyalurkan 292 ton bahan bakar.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *