STPI Lantik 360 Taruna Muda Pola Pembibitan dan Jalur Mandiri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 360 Calon Taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug hasil Pola Pembibitan dan Jalur Mandiri dilantik menjadi Taruna Muda STPI tahun akademik 2019/2020.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua STPI Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM di Lapangan Perwira Angkasa STPI Curug, Senin (30/9/2019).

Sebelum dilantik menjadi Taruna Muda STPI, mereka menjalani Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) di Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. 

Dalam pelantikan ini, para keluarga Taruna/ni Muda diundang hadir. Keluarga menjadi pendukung utama bagi Taruna/ni Muda STPI dalam menjalani masa pendidikan.

Proses pembentukan karakter yang dilakukan di Ciwidey, kata Ketua STPI, merupakan proses transisi di mana perubahan karakter dimulai. Yang tadinya seorang anak SMA bisa memiliki jiwa seorang Taruna yang memiliki disiplin tinggi.

Pelantikan-Taruna_muda_stpi
Rachmat Kartakusuma

“Proses mengubah kebiasaan hidup yang salah menjadi benar, diharapkan dapat mengubah karakter mereka. Perubahan karakter nanti dapat dilihat oleh keluarga saat mereka mendapat libur pendidikan pada akhir Desember hingga awal Januari mendatang,” ujar Capt. Novyanto.

Kemudian, lanjutnya, untuk para Taruna/ni hasil Pola Pembibitan setelah lulus mereka akan menjadi Aparatur Sipil Negara dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Dalam arti lain sudah terjamin untuk lapangan pekerjaannya,” tambah Capt. Novyanto. Setelah lulus mereka akan ditugaskan sesuai kemampuannya masing masing.

pelatikan-taruna-muda-stpi_1
Rachmat Kartakusuma

Khusus untuk jurusan penerbang (pilot), dalam masa pendidikan selama empat tahun ditargetkan tidak hanya mendapatkan pendidikan jam terbang yang cukup saja. Namun juga mendapat pendidikan manajemen.

“Sehingga mereka nantinya bisa terbang di mana saja. Baik sebagai inspektur, penerbang di maskapai, di balai kalibrasi, dan sebagainya baik untuk pesawat sayap tetap maupun sayap putar,” papar Ketua STPI dalam wawancara lanjutan dengan Airspace Review.

pelantikan-taruna-muda-stpi_2
Rachmat Kartakusuma

“Untuk jurusan penerbang, setelah mereka mendapatkan sertifikasi Private Pilot License (PPL), mereka akan dijuruskan baik Type Rating Boeing 737NG atau Airbus A320 untuk ditempatkan di inspektorat. Kemudian Multi Engine Rating untuk ditempatkan menjadi Instruktur Penerbang baik pesawat sayap tetap maupun helikopter,” pungkasnya.

Rachmat Kartakusuma

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *