Menuju Kupang, Satgas Latma KRI Layang Laksanakan Latihan Pembebasan Kapal

Satgas Latma CassoexKoarmada II

AIRSPACE-REVIEW.com – Satuan Tugas (Satgas) Latihan Bersama Cassowary Exercise (Cassoex) 2019 TNI Angkatan Laut yang berada di KRI Layang-635 melaksanakan latihan pembebasan kapal dalam pelayaran menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (7/9/2019).

Latihan dipimpin Komandan KRI Layang yang sekaligus menjadi Komandan Satgas Latma Mayor Laut (P) Lustia Budi.

Rangkaian latihan yang dilaksanakan meliputi Peran Melewati Medan Ranjau, Peran Peperangan Anti Udara, dan Peperangan Permukaan.

Satgas Latma Cassoex 2019
Koarmada II

Selain itu ada juga latihan Peran Penyelamatan Kapal dari Bahaya Kebakaran dan Kebocoran (PEK) serta latihan Pencarian, Penyergapan, dan Pembebasan Kapal atau Visit Board Search and Seizure (VBSS).

Seperti diketahui, Dua kapal perang Republik Indonesia dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut yaitu KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813 telah berlayar menuju Australia, Kamis (5/9/2019).

SAtgas Latma Cassoex 2019
Koarmada II

Kedua kapal disertai dengan satu tim Gugus Geladi Yudha (GGY) Kolatarmada II akan mengikuti Latihan Bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) 2019 antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN).

Satgas-Latma-Cassoex
Koarmada II

Koarmada II menerangkan, walau latma dilaksanakan di Australia, pembukaan Cassoex 2019 akan digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 10 September 2019.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *