Navy Day, 40 Pesawat Armada Laut Hitam dan Distrik Militer Selatan Rusia Siap Beraksi

AIRSPACE-REVIEW.com – Sebanyak 40 pesawat berbagai jenis dari kekuatan Armada Laut Hitam dan Distrik Militer Selatan Rusia akan beraksi dalam ajang Navy Day di Sevastopol pada 28 Juli mendatang.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, pesawat-pesawat tersebut akan mengambil peranan 10 dari 19 tampilan perayaan di tempat tersebut.

Russian Navy Day atau Hari Angkatan Laut Rusia diperingati di berbagai tempat, salah satunya adalah di Sevastopool.

Pesawat-pesawat tersebut akan menampilkan demonstrasi kemampuan serangan rudal terhadap kapal permukaan maupun kapal selam, pendaratan heli di atas kapal, demonstrasi SAR, dan lainnya.

Su-24
Istimewa Youtube
Ka-52 Alligator
Max Briansky Max Briansky

Sejumlah pesawat yang terlibat di antaranya adalah pengebom Su-24M, pengintai Su-24MR, penyerang Su-25, penempur multiperan Su-27, Su-30, dan Su-34, pesawat angkut militer An-26, serta helikopter serang Ka-52 dan helikopter antikapal selam Ka-27.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Selasa (23/7) menyatakan, parade perayaan Navy Day akan diselenggarakan di pangkalan-pangkalan utama Angkatan Laut Rusia plus pangkalan angkatan laut di Suriah yang digunakan oleh Rusia.

Distrik Militer Rusia
Alex Beltyukov

Tidak hanya pesawat-pesawat saja yang beraksi, melainkan juga kapal-kapal perang.

Di St. Petersburg dan Kronshtadt misalnya, akan dihadirkan 43 kapal perang, 42 pesawat, dan 4.000 personel angkatan laut.

Peserta parade juga sebagian datang dari negara-negara sahabat termasuk 26 delegasi militer luar negeri.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *