KRI Oswald Siahaan-354 gelar latihan VBSS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sejumlah awak kapal KRI Oswald Siahaan-354 melaksanakan latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS) dalam rangka meningkatkan kemampuan mereka menghadapi ancaman tindak kejahatan di laut. Latihan digelar di geladak OWA-354 pada 7 Januari 2021.

Dalam latihan tersebut satu Tim VBSS yang terdiri 8 personel diawasi langsung oleh instruktur dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II.

Komandan KRI OWA-354 Letkol Laut (P) Nurul Muchlis mengatakan, latihan VBSS bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan Tim VBSS prajurit KRI Oswald Siahaan-354 unsur Satkor Koarmada II untuk mendukung kesiapan operasional kapal dalam menghadapi berbagai tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut dan segala kemungkinan kontijensi yang terjadi.

KRI Oswald SiahaanWikipedia

Ia menerangkan, sumber daya yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal, sehingga kesiapan latihan yang meliputi penguasaan prajurit dalam bidang pemeriksaan, penanganan musuh yang akan dihadapi waktu pemeriksaan kapal sekaligus meningkatkan profesionalisme dengan mengadakan latihan-latihan yang lebih mendekati kepada realita.

Dalam kesempatan terpisah, Pangkoarmada II Laksda I N.G. Sudihartawan berharap,  dengan latihan teratur dan terukur, maka kemampuan prajurit akan semakin meningkat guna kesiapan operasi.

Selain itu, ujarnya seperti disiarkan Puspen TNI, latihan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan SDM TNI AL yang unggul.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *