PK-LEI, Si Burung Besi Besar A330neo Pertama Lion Air dari Airbus

ANGKASAREVIEW.COM – Pesawat Airbus A330-900neo (MSN 1926) pesanan pertama Lion Air Group telah diluncurkan dari fasilitas pengecatan pesawat Airbus di Toulouse, Perancis. Pesawat dengan tulisan Lion berwarna merah di badannya ini tampak terlihat gagah.

Berbeda dengan konfigurasi A330neo pada umumnya, Lion Air memesan agar pesawat lorong ganda dengan registrasi PK-LEI ini dikonfigurasi dalam satu kelas ekonomi (single class). Sehingga, dalam satu kabin akan terdapat 440 kursi dengan deret 3-3-3 ke belakang.

Lion Air dalam rilisnya yang diterima Angkasa Review hari Selasa mengatakan, A330neo akan digunakan untuk melayani penerbangan rute domestik tertentu, layanan carter, dan penerbangan umrah ke Arab Saudi.

Tautan: Lion Air Layani Penerbangan Haji 2018 di Tiga Kawasan Dunia dengan 25 Embarkasi

Sebelum dikirimkan ke Indonesia dalam beberapa minggu mendatang, pesawat terlebih dahulu akan menjalani pengerjaan tahap lanjutan serta uji darat dan uji penerbangan.

A330neo Lion air

Pesawat A330-900 ini akan bergabung dengan pesawat lorong ganda lainnya yang telah dioperasikan oleh Lion Air, yaitu A330-300 yang digunakan dalam penerbangan jarak jauh (long haul).

Tautan: Lion Air Group Kembali Terima Penghargaan Internasional dari Changi Airport Singapura

Lion Air berharap, dengan A330neo pihaknya dapat mengembangkan konsep low cost carrier (LCC), meningkatkan kualitas layanan, serta memberikan pengalaman baru bagi wisatawan maupun pebisnis terbang dengan pesawat terbaru Lion Air.

Untuk rute jarak jauh, A330neo dapat digunakan melayani penerbangan dengan waktu tempuh hingga lebih dari 15 jam.

Tautan: Lion Air Terima Pesawat Baru Boeing 737 MAX 8 ke-10

Sesuai konsep yang dikembangkan dalam LCC, Lion Air mengenakan tarif bagasi bagi para penumpang yang membawanya. Namun, tidak mengenakan tarif bagasi bagi mereka yang tidak membawa bagasi.

A330neo Lion air

Pembelian bagasi dengan harga murah, kata Lion Air, dapat dilakukan setelah calon penumpang melakukan pembayaran tiket dengan waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan.

Adapun untuk bagasi kabin, Lion Air menggratiskan biaya dengan berat maksimum 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, kamera, tas jinjing wanita, perlengkapan bayi, atau semacamnya sesuai ketentuan.

Tautan: Gelontorkan Dana 13,4 Miliar Dolar AS, Lion Group Jadi Pengguna Mesin LEAP Terbesar di Dunia

Dari laman Airbus disebutkan, Lion Air memesan 10 A330neo di mana delapan unit dari jumlah itu merupakan pesawat sewa dari BOC Aviation. Beberapa pesawat yang dipesannya ini akan digunakan oleh Thai Lion untuk melayani penerbangan jarak jauh dari Thailand.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *