Setelah USAF, Kini Giliran USMC Pamer Aksi Elephant Walk 20 F-35B

F-35BBrandon Owen

ANGKASAREVIEW.COM – Sebanyak 20 jet tempur siluman F-35B Lightning II milik Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) melakukan aksi baris bersama dan merayap dari ujung landasan untuk kemudian melaksanakan penerbangan.

Aksi yang biasa disebut ‘Elephant Walk’ ini dilaksanakan pertama kali oleh Skadron Latih Serang Tempur Marinir (VMFAT) 501 di Stasiun Udara Korps Marinir Beaufort, South Carolina, Amerika Serikat pada  pada 1 Mei lalu.

Akan halnya VMFAT 501, skadron latih dengan julukan “Warlords” dan diperkuat 20 F-35B ini juga berfungsi sebagai Skadron Pergantian Armada (FRS).

Tautan: Elephant Walk, Iringan Gajah Berjalan di Landasan Pacu

USMC dalam keterangan foto yang diunggahnya menyatakan, aksi elephant walk F-35B menunjukkan kesiapan pesawat dan komitmen pihak skadron pengoperasi untuk mencapai level tertinggi kesiapan pesawat dalam mencetak para penerbang F-35B Korps Marinir.

F-35BDebra Sainer
Dikutip dari The Aviationist, dalam latihan ini diperkirakan kawanan F-35B membawa persenjataan berupa rudal udara ke udara dan bom di dalam weapon bays-nya.

Tautan: AU AS Pamer Kekuatan, 24 F-22 Raptor Lakukan Elephant Walk

Di tengah permasalahan yang sedang dihadapi AS dalam program F-35, USCM khususnya VMFAT 501 menunjukkan bahwa F-35B yang dimilikinya dalam kondisi siap operasional.

Namun demikian, tulis laman tersebut, dilihat dari foto yang diunggah terlihat bahwa tidak semua F-35B dalam aksi ini milik USMC. Terdapat pula F-35B milik Angkatan Laut Italia dan F-35B milik AU Inggris (RAF).

F-35BDebra Sainer
Aksi elephant walk F-35 merupakan yang kedua kali dilaksanakan. Yang pertama dilakukan oleh 35 F-35A milik Angkatan Udara AS (USAF) dari Wing Tempur ke-388 dan ke-419. Aksi dilaskanakan di Hill Air Force Base, Utah pada November 2018.

Tautan: Dipertanyakan, Kenapa USAF Hanya Pamer Elephant Walk 24 F-22 di Elmendorf?

Pertunjukan masif ini sering dilakukan oleh pasukan tempur udara militer AS. Pada Maret lalu, USAF mempertontonkan aksi elephant walk dengan menghadirkan 24 F-22 Raptor.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *