AU AS Pamer Kekuatan, 24 F-22 Raptor Lakukan Elephant Walk

ANGKASAREVIEW.COM – Elephant Walk adalah istilah untuk menyebut iring-iringan pesawat di landasan. Terlihat seperti gajah yang sedang berjalan, maka dari itu disebut elephant walk. Bukan kali pertama Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) melakukan hal ini. Jumlah pesawat yang banyak memungkinkan elephant walk dilaksanakan.

Tautan: F-22 Raptor Usir Tu-95 Bear dari Lepas Pantai Alaska

Yang membuat heboh tentu saja manakala armada F-22 Raptor melakukan aksi ini. Sama artinya AS ingin menunjukkan bahwa armada jet tempur siluman buatan Lockheed Martin yang hanya dimiliki AU AS ini siap pakai dalam jumlah yang banyak. Dan ini baru di satu tempat.

F-22Justin Connaher
Sebanyak 24 F-22 dari Wing 3 dan Grup Tempur 477 USAF melakukan aksi elephant walk. Kawanan jet tempur tak kasat radar ini dibuntuti dengan satu pesawat AWACS E-3 Sentry dan pesawat angkut C-17 Globemaster III.

Tautan: Sering Ganggu Misi Su-25 di Suriah, Rusia Kesal dengan F-22 Raptor AS

Aksi dilakukan saat berlangsung latihan Polar Force di Joint Base Elmendorf-Richardson, Alaska pada Selasa, 26 Maret lalu.

F-22

Wing 3 USAF melalui laman facebook-nya menyatakan, latihan yang dilaksanakan selama dua minggu tersebut adalah untuk menguji dan mendemonstrasikan kemampuan tempur AU AS yang tinggi.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *