Senjata Antitank Terbaru Buatan Rusia, Sejumlah Negara ASEAN Mulai Kepincut

ANGKASAREVIEW.COM – Penjual senjata asal Rusia, Rosoboronexport telah mulai menawarkan senjata swagerak antitank, 2S25M Sprut-SDM1 yang diproduksi Tractor Plants Group ke pasar global. Rosoboronexport menyebutkan dalam siaran persnya bahwa sejumlah negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) telah menunjukkan minat mereka terhadap senjata baru tersebut.

“Ini merupakan senjata yang unik di dunia karena tidak memiliki analog. Sprut-SDM1 merupakan satu-satunya kendaraan tempur (ranpur) ringan di kelasnya yang memiliki senjata dari tank tempur utama (MBT),” ujar CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev dalam siaran pers, Kamis (16/8/2018).

Ia menjelaskan, ranpur amfibi ini dapat dimobilisasi dengan  kapal dan dapat dioperasikan baik siang maupun malam bahkan di medan yang tidak diakses sekalipun oleh ranpur sejenisnya.

Baca Juga:

FNSS Luncurkan PARS 4X4 Versi Antitank Berwajah Baru

Mengenal EVA TMG, Sistem Howitzer Swagerak Terbaru Buatan Slowakia Penantang CAESAR dari Perancis

Rosoboronexport berharap akan terjadi peningkatan minat terhadap senjata swagerak tersebut dari negara-negara yang memiliki lingkungan geografis yang kompleks (rawa dan pegunungan), khususnya negara-negara ASEAN yang telah menunjukkan minat mereka.

Sprut-SDM1 dirancang untuk mampu memberikan dukungan tambakan bagi pasukan pemukul untuk melawan kendaraan lapis baja, menghancurkan benteng musuh dan instalasi defensif, melakukan pengintaian serta menjadi alat pertahanan di medan tempur. Senjata ini sengaja didesain untuk dapat dioperasikan pasukan infanteri marinir, unit lapis baja dan pasukan darat.

Ranpur antitank ini dibekali senapan 125mm, senapan mesin kendali 7.62mm dan senapan mesin koaksial 7.62mm. Sprut-SDM1 juga dilengkapi senjata misil untuk menghantam kendaraan lapis baja musuh dan didukung ERA (explosive reactive armor) sebagai sistem pelindungnya.

senjata antitankmilitary-today.com

Tak hanya itu, Sprut-SDM1 juga dibekali sistem kontrol tembak otomatis yang sangat modern. Dengan begitu, ranpur amfibi ini mampu mendeteksi, mengidentifikasi dan melumat habis target, baik dalam posisi diam maupun bergerak. Dengan sistem tersebut, dalam situasi jarak pandang yang buruk para penembak tetap mampu menghajar target musuh.

Dikelasnya, Sprut-SDM1 tergolong memiliki sistem perlindungan dan persenjataan yang lebih baik. Bobotnya yang ringan memungkinkan ranpur ini untuk mampu menerobos medan berair sehingga dapat memaksimalkan perburuan daratnya.

Selain memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi dan bisa diandalkan di wilayah beriklim tropis, kendaraan ini juga memungkinkan memberikan dukungan tembak saat terapung.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *