Qantas Group Pilot Academy buka penerimaan siswa pilot

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Qantas Group Pilot Academy resmi dibuka di Toowoomba, Negara Bagian Queensland, Australia pada 29 Januari lalu. Akademi pilot milik Grup Qantas yang berlokasi di 125 km sebelah barat Brisbane ini akan mendidik 250 siswa pilot setiap tahunnya.

Qantas mengatakan, pilot lulusan dari Toowoomba diproyeksikan utamanya untuk mengisi kebutuhan pilot di Qantas, Jetstar, dan QantasLink.

Pada saat ini 34 siswa pilot telah memulai pendidikannya di akademi pilot Toowoomba.

CEO Qantas Group Alan Joyce mengatakan, dibukanya Akademi Pilot Grup Qantas di Toowoomba merupakan bagian dari sejarah Qantas untuk dunia penerbangan Australia dan untuk kebutuhan ribuan pilot di masa mendatang.

“Pilot-pilot Qantas Group sejak lama memiliki reputasi yang baik di antara yang terbaik di seluruh dunia karena standar yang tinggi dalam pelatihannya. Tradisi itu akan diteruskan di akademi pilot milik Qantas ini,” ujar Joyce.

Para siswa pilot di Qantas Group Pilot Academy akan menyelesaikan pendidikan dalam 12 bulan dan memperoleh lisensi pilot komersial dari badan regulator penerbangan sipil Australia, CASA.

Setelah lulus mereka kemudian akan bergabung dengan kelompok bakat pilot Qantas Group untuk disalurkan ke maskapai-maksapai jaringan Qantas maupun mitra Qantas.

Akademi pilot dengan hanggar berukuran 1.500 meter persegi ini dilengkapi dengan empat simulator pelatihan terbang, ruang kelas, dan ruangan operasional penerbangan.

Pelatihan terbang siswa pilot dilaksanakan menggunakan pesawat latih mesin tunggal Diamond DA40 dan pesawat latih mesin ganda DA42.

Qantas Group Siswa pilot dengan pesawat latih mesin tunggal DA40 Diamond Star.

Khusus untuk siswa dalam negeri, dalam rangkaian peringatan 100 tahun Qantas pada November nanti, akan diberikan tiga beasiswa bagi siswa pilot. Masing-masing akan mendapatkan 85.000 dolar.

Di masa berikutnya, beasiswa juga akan diberikan kepada siswa pilot perempuan yang berasal dari daerah pedalaman atau daerah terpencil di Australia.

Qantas berkeinginan meningkatkan proporsi keterlibatan perempuan dari suku Aborijin dan Kepulauan Selat Torres di Negara Bagian Queensland untuk menjadi pilot dan/atau berkiprah di dunia penerbangan.

Qantas Group Pilot Academy
Qantas Group CEO Alan Joyce bersama pilot QantasLink dan dua siswa pilot Qantas Group.

Tidak hanya mendirikan akademi pilot, di Toowoomba Qantas Group juga membangun Toowoomba Wellcapm Airport (IATA: WTB) dan Wellcamp Business Park.

Di kawasan tersebut selain tersedia sekolah pilot juga akan dibuka pusat perawatan pesawat, pusat layanan suku cadang pesawat, dan industri penerbangan lainnya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *