Angkatan Darat Ukraina tuntas terima T-72 hasil modifikasi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat (AD) Ukraina telah menerima keseluruhan tank tempur utama T-72 versi yang sudah dimodernisasi (upgraded) dari UkrOboronOrom. Pengiriman enam tank terakhir dilaksanakan pada 4 Maret lalu.

Volodymyr Sinyavsky, Direktur Kyiv Armored Plant mengatakan, peningkatan kapabilitas T-72 untuk AD Ukraina berdasarkan hasil pengkajian pertempuran modern di Ukraina bagian timur.

Perbaikan taktis dan karakteristik, kata Sinyavsky, telah dilakukan demi meningkatkan performa tank ini sehingga menunjang misi tempurnya.

K-72 terbaru dilengkapi dengan lapisan baja reaktif ledakan (ERA) Nozh/Knife pada bagian turet, lambung, dan bagian pinggir tank.

Perangkat lainnya adalah sistem pandangan untuk penembakan 1K13 buatan dalam negeri, sistem penglihatan malam terbaru, dan mesin yang lebih bertenaga 840 hp (sebelumnya 780 hp).

Pihak pabrikan mengatakan, stasiun radio digital terbaru buatan Aselsan Turki turut diintegrasikan di tank ini. Sehingga kru tank dapat melakukan kontak langsung dengan unit-unit infanteri lainnya.

T-72 hasil modifikasi ini juga dilengkapi dengan peralatan navigasi satelit serta kamera di bagian belakang untuk membantu kemudahan pergerakan bagi pengemudi tank.

Untuk diketahui, pada 2015 Ukraina berencana memodernisasi sekira 300 unit tank T-72 yang tidak bisa digunakan lagi karena hubungan dengan Rusia terputus.

Ukraina kemudian bekerja sama dengan Polandia yang memiliki kemampuan untuk memodernisasi T-72 menjadi PT-91 Twardy. Tank ini telah memiliki persyaratan standar NATO.

Di wilayah Donbass, Angkatan Darat Ukraina berperang melawan kelompok militan pro-Rusia menggunakan T-64B/T-64BM.

Tank yang dilawan kala itu adalah T-72B/T-72B3 milik militer Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *