Lewat 3 Bandara, AP I Sabet 5 Penghargaan Bergengsi dari Airport Council International

ap iAP I

ANGKASAREVIEW.COM – Lewat tiga bandaranya, Angkasa Pura I (AP I) berhasil menyabet lima penghargaan bergengsi dari Airports Council International (ACI) melalui perhelatan Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017. Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal ACI World Angela Gittens kepada Direktur Utama AP I Faik Fahmi dalam rangkaian acara ASQ Customer Excellence Global Summit di Halifax, Kanada, Rabu (12/9/2018).

Ajang internasional bergengsi ini diikuti oleh 127 otoritas dan pengelola bandara dari seluruh dunia. Tiga bandara AP I yang meraih penghargaan ASQ Awards 2017 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang menyabet tiga penghargaan sekaligus, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Juanda Surabaya.

Tiga predikat yang diraih Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali adalah Peringkat Pertama Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun, Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Asia-Pasifik berpenumpang di atas 2 juta orang per tahun dan Bandara Terbaik di Asia-Pasifik kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun.

ap iAP I

Sedangkan Bandara Juanda Surabaya menyandang penghargaan sebagai Peringkat Ketiga Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 15-25 juta orang per tahun. Sementara Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menyabet gelar Peringkat Kedua Bandara Terbaik di Dunia kategori bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun.

Dalam program strategisnya, AP I merencanakan peningkatan kapasitas total di seluruh bandara yang dikelolanya hingga dua kali lipat dalam 5 tahun ke depan. Secara paralel kualitas layanan menjadi salah satu prioritas yang terus ditingkatkan dengan target menjadi salah satu yg terbaik di skala global.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen perbaikan terus menerus terhadap bandara-bandara PT Angkasa Pura I dalam meningkatkan level of service dan menciptakan customer experience bagi para pengguna jasa bandara,” ujar Faik

Ia melanjutkan, seiring dengan tekadnya untuk menjadi perusahaan pengelola bandara kelas dunia dengan standar keselamatan dan keamanan tertinggi dengan mengedepankan pelayanan dan pengalaman yang unik khas indonesia kepada pengguna jasa bandara.

Baca Juga:

Resmikan Balai Ekonomi Desa Tegalarum, AP II Dukung Geliat Ekonomi Pedesaan

Bandara Sentani dan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri akan Dialihkelolakan ke AP I

 

Dalam ajang yang sama, sebelumnya Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menyabet gelar The 3rd World Best Airport by Size 15-25 million dalam dua tahun berturut-turut (2015-2016). Bandara ini juga menyandang gelar The Most Improved Airport in Asia-Pacific tahun 2015. Tahun 2016, gelar sebagai The Most Improved Airport in Asia-Pacific berhasil dipegang oleh Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

ASQ Awards merupakan penghargaan tahunan tertinggi bagi bandara-bandara dengan tingkat pelayanan terbaik di dunia yang dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi kebandarudaraan global yang berbasis di Montreal, Kanada.

Sejak 2006, ASQ telah melakukan pengukuran kepuasan pengguna jasa bandara, dengan lebih dari 340 bandara yang berpartisipasi di 85 negara. Penilaian ASQ Awards dilakukan berdasarkan survei kepuasan terhadap layanan bandara. Sekitar 600 ribu orang pengguna jasa bandara menjadi partisipan survei ini setiap tahunnya.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *