Merekalah Wanita Penerbang Helikopter Pertama di Kolombia dan Kosta Rica

ANGKASAREVIEW.COM – Setelah sembilan bulan menjalani masa pendidikan, Letda Viviana Yesenia Forero Moncada akhirnya tercetak sebagai perwira pilot helikopter pertama di tubuh Angkatan Darat (AD) Kolombia. Tak hanya Viviana, agen Yuriana Arnesto Segura pun menyandang predikat sebagai wanita penerbang heli pertama dari Badan Pengawasan Udara Kosta Rika.

Viviana telah berdinas di AD Kolombia selama empat tahun hingga saat ini. Sebelumnya ia merupakan berdinas sebagai personel intelijen. Wanita kelahiran Cajicá (Cundinamarca) ini masuk pendidikan di Sekolah Penerbangan Angkatan Darat pada 10 Februari 2017.

Sebelumnya ia telah lulus kursus pilot militer dasar dan melanjutkan ke Sekolah Helikopter Angkatan Bersenjata Terpadu untuk menerbangkan Bell TH-67 Creek. Sekarang tujuan utama Viviana adalah untuk menyelesaikan transisi ke UH-60 Black Hawk.

Baca Juga

Wanita Ini Bermimpi Jadi Pilot Galaxy

India Cetak Pilot Tempur Wanita yang Pertama

Hingga saat ini, tercatat hampir serratus wanita militer Kolombia yang melakukan fungsi penerbangan, pemeliharaan, lalu lintas udara, keselamatan penerbangan, logistik dan tenaga medis penerbangan.

BACA  AL AS Ingin Ada Pesawat Nirawak untuk Pengisian Bahan Bakar di Udara

Di tubuh Angkatan Darat Kolombia sudah ada dua wanita yang berpangkat jenderal (perwira tinggi). Di satuan Puspenerbad negara ini pun telah memiliki personel wanita pertama yang berdinas sebagai teknisi perawatan helikopter, namanya Serma (R) Meyerlin Parra.

Kembali ke bahasan. Sebagai bagian dari kursus pelatihan yang sama, Yuriana yang kini berusia 27 tahun juga telah menyelesaikan pendidikan terbangnya. Gadis kelahiran Colonia Palmareña ini menyelesaikan pendidikannya di Kolombia.

Baca Juga:

Pertama dalam Sejarah! Rusia Persiapkan 16 Gadis Jadi Pilot Militer

Bintara Ini Satu-satunya Polwan Penunggang Helikopter di Kepolisian Udara

Kini ia menjadi pilot heli wanita penerbang pertama di Badan Pengawasan Udara (Spanyol: Servicio de Vigilancia Aérea/SVA). Pasca kelulusannya, Yuriana akan melakukan transisi menjadi penerbang untuk armada MD Helikopters. Dua versi helikopter tersebut yang dimiliki badan resmi pemerintah non Angkatan Udara ini adalah MD 500E dan MD 600 (masing-masing dua unit).

BACA  Murah dan Berbahaya, 'Flying RPG' Dikembangkan di Belarusia

SVA merupakan satu-satunya wing udara yang melekat pada Pasukan Umum Kosta Rika. Badan ini mengoperasikan helikopter militer bersenjata. Pangkalan udara utamanya berlokasi di tiga titik berbeda. Pangkalan dua di San José menjadi pusat operasi utama.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *