India Cetak Pilot Tempur Wanita yang Pertama

ANGKASAREVIEW.COM – AU India mencetak sejarah baru dengan kehadiran Avani Chaturvedi. Wanita yang berasal dari distrik Madhya Pradesh, India ini berhasil mendaratkan MiG-21, Jumat (23/2/2018).

Dalam penerbangan perdananya itu, Avani lepas landas dari Pangkalan Udara Jamnagar dan terbang selama 30 menit. Di belakang Avani, ada tiga pilot tempur wanita lainnya, teman seangkatan Avani, yang ikut terbang di pesawat jenis yang sama.

Baca juga:
Tahun Ini India Akan Tambah 48 Heli Mi-17V-5 dari Rusia
Su-27/30, Il-76, dan Su-35 Impian Para Wanita Calon Penerbang Militer Rusia

Ketiga pilot tempur pertama di India ini ditugaskan oleh Menteri Pertahanan India Manohar Parrikar untuk bergabung di skadron tempur begitu mereka lulus dari Akademi Angkatan Udara India.

Kehadiran Avani ini merupakan salah satu upaya AU India dalam memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh prajuritnya tanpa melihat gender.

“Semua pilot tempur akan merasa kuat bagai burung yang baru belajar terbang saat mereka terbang untuk pertama kalinya,” ujar juru bicara AU India, Anupam Banarjee.

Namun, penerbangan ini masih menjadi langkah awal bagi Avani dan kedua rekannya. Sebab, selepas penerbangan perdana ini mereka akan melanjutkan pendidikan terbang tempurnya selama dua tahun.

Wanita berumur 24 tahun ini pernah mengenyam bangku kuliah di Universitas Banashtali dengan mengambil jurusan teknik. Namun kecintaannya kepada dunia penerbangan mengantarnya ke Akademi Angkatan Udara India di Hyderabad. Ia mulai menjalani masa pendidikannya di akademi tahun 2014.

Perkenalan Avani dengan dunia penerbangan bermula saat ia bergabung dengan klub terbang di kampusnya. Di situ ia telah membukukan beberapa jam terbang. (IAN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *