Tahun Ini India Akan Tambah 48 Heli Mi-17V-5 dari Rusia

ANGKASAREVIEW.COM – Tahun ini India akan menambah 48 helikopter angkut militer Mi-17V-5 dari Rusia. Finalisasi kontrak pembeliannya dipastikan akan segera dirampungkan tahun ini. Demikian pernyataan yang disampaikan CEO Rostec State Corporation, Sergey Chemezov, dalam wawancara dengan jaringan berita terbesar India, IANS.

“Negosiasi dengan India untuk pengiriman 48 Mi-17V-5 sudah komplit. Kami berharap tanda tangan kontrak pembelian dapat dilaksanakan pada kuartal pertama tahun ini,” ujarnya.

Chemezov juga menjelaskan mengenai rencana modernisasi Mi-17 dan Mi-8 menjadi Mi-171A2. Helikopter angkut medium ini dilekngkapi mesin yang lebih bertenaga, peningkatan pada baling-baling utama, gear, bodi, hingga avionik. Total ada 80 jenis peningkatan dari heli lama ke heli baru.

Baca juga: Mengabdi Selama 45 Tahun, Angkatan Udara India Pensiunkan Heli Mi-8 Pratap

India saat ini mengoperasikan 151 Mi-17V-5. Unit terakhir yang diterima negeri ini merupakan produksi tahun 2016. Di India, Mi-17 dan Mi-8 dikenal berkat kehandalannya digunakan dalam berbagai medan dan beragam misi.

Heli ini dilengkapi dengan alat penglihatan malam (NVG), radar cuaca, sistem otopilot, dan perangkat avionik KNEI-8.

Untuk mesin, heli dilengkapi mesin TV3-117BM turboshaft dengan tenaga 1.900 hp per satu mesin.

Kecepatan terbang masksimum mencapai 250 km/jam dan jarak jelajah 580 km. Bila ditambah dua tanki bahan bakar, Mi-17V-5 dapat menjelajah hingga jarak 1.065 km. Sementara ketinggian terbang maksimum mencapai 6.000 meter. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *