Mengenal VDV, Pasukan Payung Terbesar dari Rusia

Youtube

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan VDV (Vozdushno Desantnye Voiska) atau biasa disebut desatnik, merupakan pasukan kebanggaan Angkatan Bersenjata Rusia. Berdiri sejak tahun 1930 satuan ini mengemban tugas utama melakukan serbuan lintas udara.

VDV merupakan matra di Angkatan Bersenjata Rusia terdiri dari empat divisi dan beberapa brigade pendukung serta satu resimen 45th Special Forces Recon.

Dengan total personel aktif mencapai 72.000 orang, VDV memiliki daya gempur yang sangat tinggi dibandingkan pasukan payung lainnya di dunia. Rusia juga memiliki konsep pertahanan sedikit lebih maju dibandingkan negara-negara NATO.

Reddit

Rusia sudah menerapkan konsep infanteri mekanis sejak tahun 80-an. Sehingga, dalam setiap divisi VDV terdapat kendaraan tempur macam BMP, BTR, bahkan tank tempur. Selain itu VDV juga dilengkapi howitzer dan kendaraan anti serangan udara.

Baca juga: Raih Pembeli Ketiga di 2017, Korsel Ekspor 24 K9 Thunder SPH ke Norwegia

VDV selalu diterjunkan dalam setiap konflik yang dihadapi oleh Rusia atau dulu bernama Uni Soviet. Mulai dari Perang Dunia ke-2 hingga Perang Suriah. Tercatat, misi tempur paling berdarah dihadapi VDV adalah Perang Afganistan, yaitu saat 345th Independent Guards Airborne Regiment bertempur melawan 250 mujahidin Afganistan dalam pertempuran di Bukit 3234.

Novostonline

Pasukan VDV bertempur sengit dengan peralatan terbatas untuk mempertahankan markas mereka. Misi mereka awalnya adalah melindungi jalur konvoi perbekalan yang melintas di sekitar Bukit 3234.

Pelatihan keras membuktikan bahwa untuk mengalahkan pasukan VDV di Bukit 3234 bukanlah perkara mudah. Berbekal kerja sama antara pasukan mortar dan tembakan akurat dari AKS-74, pasukan mujahidin dapat dipukul mundur walaupun beberapa desatnik harus meregang nyawa.

Baca juga: Rantis K4386 Typhoon-VDV Segera Lengkapi Pasukan Linud Rusia

Keteguhan dan keuletan pasukan VDV menjadi bukti bahwa pasukan payung Rusia pantas diakui. Bahkan tidak sedikit personel VDV mendapatkan penghargaan bergengsi seperti Hero of Soviet Union, Medal of Suvorov, hingga The Order of Courage.

JULIUS RENDY NUGROHO

2 Replies to “Mengenal VDV, Pasukan Payung Terbesar dari Rusia”

  1. Boeing
  2. Walaupun kita punya TNI sekaliber KOPASUS, tidak ada salahnya kita bisa berguru berlatih dengan pasukan sekelas DVD Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *