Rantis K4386 Typhoon-VDV Segera Lengkapi Pasukan Linud Rusia

KAMAZ

ANGKASAREVIEW.COM – Kendaraan taktis (rantis) terbaru  Rusia, K4386 TyphoonVDV, segera melengkapi pasukan lintas udara (linud) negeri itu. Saat ini rantis tersebut masih dalam masa uji coba dan diharapkan mulai diproduksi massal tahun depan.

Mengutip keterangan pejabat Kementerian Pertahanan Rusia, rantis 4×4 Typhoon-VDV dibuat tahun 2016 dan diperkenalkan secara resmi kepada publik di Forum Teknologi Militer Internasional di Moskow, Agustus lalu.

Dalam pameran tersebut Typhoon-VDV tampak dilengkapi turet nirawak BM-30-D dengan satu kanon otomatis 2A42 kaliber 30mm, satu senapan mesin koaksial PKTM kaliber 7,62mm, dan enam peluncur granat asap.

Sputniknews

Perangkat optik elektronik juga dipasang di atas senjata utama termasuk kamera penglihatan siang/malam, kamera inframerah, dan laser penemu jarak.

Dibangun oleh JSC dan KAMAZ, rantis berbobot tempur 13.500 kg ini dilengkapi mesin diesel KAMAZ 610.10-350 yang menghasilkan tenaga 350 hp dan mampu memberikan kecepatan laju hingga 105 km/jam. Jarak jelajahnya sendiri mencapai 1.200 km.

Lambung Tyhoon-VDV dibuat dari bahan komposit keramik serta lapis baja dengan kemampuan tahan tembakan peluru kaliber 14,5mm armor-piercing serta efek ledakan 8 kg TNT. Rantis ini dapat mengangkut delapan personel militer termasuk pengemudi, komandan tim, dan penembak. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *