Ceko beli delapan UH-1Y dan empat AH-1Z senilai 272 dolar AS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Republik Ceko telah menandatangani kontrak pembelian delapan unit helikopter utilitas berukuran sedang UH-1Y Venom (Super Huey) dan empat unit helikopter serang AH-1Z Viper buatan Bell Textron senilai 272 juta dolar AS.

Pembuatan helikopter akan dilaksanakan di Fort Worth, Texas sebanyak 60% dan di Amarillo, Texas sebanyak 40%. Dijadwalkan, pengerjaan seluruh heli akan selesai pada November 2023.

Pentagon mengumumkan, kontrak pembelian dilaksanakan melalui mekanisme Foreign Military Sales (FMS). Kontrak diberikan oleh Komando Sistem Udara Angkatan Laut (NAVAIR) Departemen Angkatan Laut AS (DON).

Meski memiliki fungsi penggunaan yang beda, UH-1Y dan AH-1Z memiliki 84 komunalitas komponennya.

Sejumlah komponen yang sama tersebut misalnya bagian tailboom, mesin turboshaft kembar General Electric T700-GE-401C, empat bilah rotor utama bermaterial komposit, drivetrain, arsitektur avionaik, perangkat lunak, dan kontrol penerbangan.

Di Ceko, kedua helikopter tersebut akan menggantikan peran heli Mi-24 yang sudah menua.

Heli serang AH-1Z, selain untuk fungsi penyerangan terhadap sasaran di permukaan, juga dilengkapi dengan rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder sehingga helikopter ini dapat melaksanakan pertempuran melawan musuh di udara.

Sebelumnya pada Desember 2019, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark Esper dan Menteri Pertahanan Republik Ceko Lubomir Metnar telah bertemu untuk menandatangani nota pengadaan kedua jenis helikopter yang akan digunakan oleh Angkatan Udara Ceko tersebut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *