Pasukan Ukraina dapatkan sistem peluncur roket VAMPIRE dari AS

VAMPIREL3Harris
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat (AS) dilaporkan telah mengirimkan kit VAMPIRE ke Ukraina, yang dapat mengubah kendaraan non-taktis seperti pick-up bisa menjadi peluncur roket pintar yang mematikan.

Sebagai bagian dari paket 3 miliar dolar AS untuk Ukraina yang diumumkan Pentagon Rabu (24/08), salah satu persenjataan yang dikirimkan adalah VAMPIRE yang diproduksi oleh L3Harris.

Boeing_contoh2

VAMPIRE atau Vehicle-Agnostic Modular Palletized ISR Rocket Equipment ini adalah kit portabel yang dapat dipasang pada sebagian besar kendaraan termasuk jenis pickup komersial sekalipun.

Sistem VAMPIRE dibekali peluncur roket kecil berlaras empat dan dilengkapi bola sensor yang dapat dipasang dalam dua jam pada kendaraan dan dapat dioperasikan oleh satu orang saja.

Sistem VAMPIRE dapat meluncurkan sistem senjata pembunuh presisi canggih (Advanced Precision Kill Weapon System/APKWS) atau jenis amunisi berpemandu laser lainnya.

Salah satunyanya adalah AGR-20 APKWS yakni jenis roket Hydra 70 yang dibekali laser guidance kit yang mengubahnya menjadi precision-guided munitions (PGMs).

Kelebihan senjata APKWS ini adalah biayanya hanya kira-kira sepertiga dari senjata atau roket berat berpemandu laser yang ada saat ini.

Lalu memiliki hasil daya rusak yang lebih rendah, sehingga cocok untuk menghindari kerusakan besar yang tak diinginkan di sekitar target yang dikumpulkan.

Utamanya, VAMPIRE dapat memberikan pasukan darat kemampuan untuk menyerang target di luar jangkauan senjata yang biasanya dibawa oleh pasukan infanteri di lapangan.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *