12.000 tentara akan meriahkan Parade Hari Kemenangan ke-76 di Moskow

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bagi Rusia peringatan Hari Kemenangan merupakan hal wajib yang akan dirayakan setiap tahunnya. Ini adalah peringatan kemenangan pasukan Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Patriotik Raya pada 1941-1945.

Tahun ini, peringatan ke-76 tahun kemenangan pasukan Soviet akan melibatkan 12.000 tentara untuk berparade di Lapangan Merah, Moskow pada 9 Mei 2021.

Parade Kemenangan juga akan dimeriahkan oleh 190 perangkat keras militer darat dan 76 pesawat melintas di udara, terdiri dari 53 pesawat sayap tetap dan 23 helikopter.

Meski demikian, Kremlin belum mengatakan apakah tamu asing akan diundang dalam peringatan tahunan kali ini.

Sementara itu, latihan untuk Parade Kemenangan seperti tahun-tahun sebelumnya akan dilaksanakan di Alabino dekat Moskow. Mereka akan melaksanakan 11 kali latihan sampai pelaksanaan di Hari-H.

Tahun lalu, peringatan Hari Kemenangan ke-75 dialihkan pelaksanaannya dari 9 Mei ke 24 Juni karena tingginya kasus COVID-19. Namun Rusia tetap melaksanakan peringatan itu dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto termasuk pejabat tinggi negara asing yang diundang ke acara tersebut tahun lalu. Prabowo menghadiri undangan dan menyaksikan langsung Parade Kemenangan di Moskow.

Dalam pidatonya tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia bersedia bekerja sama dengan negara lain dalam membangun tatanan keamanan global.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *