Austria nyatakan siap jual Typhoon ke Indonesia, Jakarta siap?

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Austria Klaudia Tanner secara resmi telah menyatakan kesiapannya untuk menjual 15 jet tempur Eurofighter Typhoon bekas pakai Angkatan Udara Austria kepada Indonesia.

Selanjutnya ia ingin mengadakan negosiasi mengenai penjualan khusus ini dengan mitranya, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto.

“Kami dengan senang hati menerima minat Anda untuk membeli lima belas Eurofighter Austria untuk memodernisasi armada udara Anda,” kata Tanner dalam pernyataan yang ditujukan kepada Indonesia.

Seperti diberitakan Kronen Zeitung, Menteri Pertahanan Tanner pertama kali telah mengeluarkan pernyataan untuk menjawab surat yang dilayangkan Menteri Pertahanan Subianto dua bulan lalu di mana Jakarta berkeinginan membeli 15 jet-jet tempur bekas pakai tersebut.

Apa yang dimulai dua bulan lalu dengan surat misterius dari Indonesia kini berkembang menjadi peluang terbaik Austria untuk benar-benar menyingkirkan pesawat-pesawat Eurofighter yang tidak dicintai: Menteri Klaudia Tanner kini membalas timpalannya dari Indonesia, Prabowo Subianto untuk pertama kalinya dan mengumumkan bahwa dia ingin masuk ke dalam negosiasi penjualan tertentu dengannya,” tulis Kronen Zeitung.

Pada saat yang sama, Tanner telah memerintahkan Staf Umum untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk penjualan yang direkomendasikan.

Surat-Prabowo-ke-Menhan-Austria

“Setelah pemeriksaan intensif, Staf Umum mengonfirmasi keaslian surat tersebut dan merekomendasikan agar kami memanfaatkan opsi penjualan apa pun,” kata Tanner.

Meski demikian, tulis Kronen Zeitung, penjualan peralatan militer kepada Indonesia, selain mendapatkan konsensus politik dalam negeri, juga harus mendapat persetujuan dari keempat negara produsen Eurofighter Typhoon dan Amerika Serikat (AS) karena ada beberapa peralatan buatan AS yang dipasang pada pesawat tersebut.

Dua skenario bisa terjadi. Pertama, Airbus mengeluarkan sertifikat pengguna akhir baru untuk penggunaan jet-jet tersebut di Indonesia atas persetujuan Jerman, Inggris Raya, Italia, dan Spanyol. Setelah itu didapat, Austria bisa menjualnya langsung kepada Indonesia.

Yang kedua, Airbus akan membeli kembali jet-jet tempur itu dari Austria, meningkatkannya, dan kemudian mengirimkannya ke Indonesia.

Sementara di Indonesia sendiri, tulis Kronen Zeitung, pembelian peralatan pertahanan bekas tidak mudah dilaksanakan. Pasalnya, beberapa tahun lalu Presiden Indonesia Joko “Jokowi” Widodo mengeluarkan arahan agar TNI tidak membeli peralatan bekas.

Demikian juga dengan penentangan di parlemen Indonesia cukup pelik.

Roni Sontani

2 Replies to “Austria nyatakan siap jual Typhoon ke Indonesia, Jakarta siap?”

  1. Skenario kedua jangan deh. Lebih baik upgrade di sini. Kalau diupgrade sama Airbus dan bukan diupgrade dengan bantuan Airbus, ToT yang didapat pasti lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *