Mengabdi Selama 45 Tahun, Angkatan Udara India Pensiunkan Heli Mi-8 Pratap

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara India (IAF) memensiunkan helikopter era Uni Soviet, Mil Mi-8, dalam sebuah acara perpisahan di Yelahankan Air Force Station, Bengaluru, Minggu (17/12/2017).

Di jajaran IAF, heli multiperan Mi-8 yang diberi nama Pratap (keagungan) itu telah mengabdi selama 45 tahun.

Dengan dipensiunkannya heli terakhir, maka IAF secara keseluruhan telah memensiunkan 107 Mi-8 yang mereka terima antara kurun 1971-1988. IAF menempatkan heli Mi-8 dalam sepuluh unit satuan.

Suasana haru menyertai terbang perpisahan (farewell flight) satu kelompok heli Mi-8 di Yelahanka. Veteran IAF, Marsekal (Purn) Fali Homi Major, ikut menerbangkangkan salah satu heli itu disertai kru lainnya.

PTI
Sementara di bawah turut menghadiri acara adalah Komandan Komando Latihan IAF Marsekal S.R.K Nair dan Komandan Akademi Pertahanan Nasional Marsekal (Purn) Jasjit Singh Kler.

BACA  Dua Wara Penerbang Jalani Pendidikan Transisi di Pesawat C-130 dan NC212

Dalam sambutan perpisahan Nair menyatakan, Mi-8 merupakan heli hebat yang dapat beroperasi di segala medan. Mulai dari medan gurun hingga medan es.

“Helikopter ini memainkan peran yang sangat vital sepanjang pengabdiannya, sekalipun di medan yang kurang bersahabat,” ujar Nair.

Ditambahkan, Mi-8 IAF terlibat dalam operasi-operasi besar termasuk Operasi Mehdoot di Siachen Glacier dan Operasi Pawan di Sri Lanka. Terakhir, Mi-8 juga terlibat dalam misi kemanusiaan penanggulangan bencana banjir di Chennai tahun 2015.

Twitter
Sementara Fali Homi Major dengan haru mengatakan, ia punya banyak kenangan dengan heli ini. Ia pun dibesarkan di IAF dengan Mi-8 sejak 1972.

Selain digunakan sebagai heli angkut pasukan, IAF juga menggunakan Mi-8 untuk heli VIP/VVIP.

BACA  BM-21UM Hrad, Calon Pengganti MLRS Gaek BM-21 Grad

Mi-8 Pratap memiliki kemampuan mengangkut empat ton kargo di mana tiga ton dapat diangkut menggunakan peralatan eksternal. Heli ini juga dapat membawa 60 bom dengan total muatan satu ton. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *