Pupus Harapan, AD Norwegia Batal Upgrade MBT Leopard 2A4 ke Versi 2A7V

ANGKASAREVIEW.COM – Pupus, mungkin itu kata yang pas untuk menggambarkan harapan Angkatan Darat (AD) Norwegia saat ini. Kementerian Pertahanan negara ini akhirnya membatalkan rencana untuk meningkatkan (upgrade) kemampuan MBT Leopard 2A4 militer mereka.

Pembatalan rencana melakukan upgrade tank tempur utama tersebut terjadi menyusul dikeluarkannya revisi anggaran yang dikeluarkan Kemhan pada Mei lalu.

“Melalui pengujian Proposisi Kekuatan Darat pada musim gugur 2017, telah diputuskan untuk menunda rencana dan penyetujuan proyek peningkatan (Project 5050) tank-tank yang ada saat ini berdasarkan rekomendasi Penilaian Kekuatan Nasional,” ungkap Kemhan menukil laman IHS Jane’s.

Kemampuan MBT Leopard AD Mereka yang telah berkurang ini akan dipertahankan hingga 2025, sampai datangnya solusi baru atau mungkin tank baru yang akan diperkenalkan. Dari 52 unit yang dimiliki AD Norwegia, hanya 30 unit saja tank yang bisa dioperasionalkan.

Baca Juga:

Mantan Tulang Punggung Bundeswehr, Miskin Pengalaman Tapi Laku di Pasaran

Batalyon Mandala Yudha Kostrad Dapat Tambahan 5 Unit MBT Leopard 2Ri

Dalam proposal peremajaan yang dilayangkan AD terdapat dua pilihan. MBT Leopard 2A4 mereka akan ditingkatkan menjadi versi 2A7V atau dikembangkan menjadi IFV CV90. Sayangnya rencana itu ditolak oleh Kemhan.

Kemhan menyebutkan, dengan melakukan upgrade “tidak akan menyediakan tank yang kemampuannya cukup untuk menghadapi perkembangan ancaman dari jenis senjata dan amunisi modern.”

Dengan menunggu hingga tahun 2025, tentu kemampuan tempur MBT pabrikan Jerman yang dimiliki Ad Norwegian akan semakin tergerus zaman. Tidak tutup kemungkinan, jumlah unit yang sekarang masih bisa beroperasi juga akan terus mengalami penurunan secara perlahan.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *