F-16 Akan Penuhi Bengkalis, Ada Apa?

ANGKASAREVIEW.COM – Sejak Senin hingga Rabu (26-28/3/2018), langit di sekitaran Pantai Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana,  di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau terus dipenuhi pesawat tempur F-16 dari Skadron 16 TNI AU.

Selama tiga hari ini Skadron yang memiliki pangkalan di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru itu menggelar latihan pengeboman dari udara ke laut. Informasi soal ini didapat dari surat Komandan Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Nomor: B/265/III/2018, tanggal 21 Maret 2018.

Baca juga:
12 Jet F-16 TNI AU dan USAF Latihan Tempur Udara di Manado
Investigasi AU Israel: Kesalahan Pilot Sebab F-16 Israel Ditembak Jatuh

Johansyah Syafri, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis menjelaskan, latihan weapon delivery itu dilaksanakan mulai pukul 08.00-14.00 WIB di Pantai Desa Sepahat, Kecamatan Bandar Laksamana.

BACA  Mesin Trent XWB-97 Raih Sertifikasi EASA, A350-1000 Makin Dinanti

Johan mengimbau agar masyasarakat tidak mendekat ke lokasi latihan dan menjadikannya sebagai tontonan gratis karena sangat berbahaya. Masyarakat diminta menjauh dari lokasi latihan hingga kisaran jarak 2 km.

”Kami mengingatkan kepada warga sekitar, terutama yang berprofesi sebagai nelayan untuk tidak mendekati latihan dengan radius 2 km selama latihan berlangsung,” ujarnya.

F-16 di Skadron 3 Lanud Roesmin Nurjadin memiliki jadwal latihan yang cukup ketat. Sebelum menggelar latihan weapon delivery di Bengkalis, mereka telah bergabung bersama belasan F-16 milik USAF di Lanud Sam Ratulangi Manadi untuk menggelar latihan bersama dengan tajuk Cope West 2018.

Latihan yang digelar sejak tanggal 12 hingga 23 Maret ini akan meningkatkan kemampuan seluruh kru F-16 dalam kesiapan operasi mereka. Selain latihan patroli bersama, dalam kesempatan itu F-16 juga melatihkan kemampuan penembakan menggunakan bom pintar. (IAN)

BACA  Ditilik dari Faktor Militer, Kekuatan Arab Saudi Berwibawa dan Patut Disegani

One Reply to “F-16 Akan Penuhi Bengkalis, Ada Apa?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *