Investigasi AU Israel: Kesalahan Pilot Sebab F-16 Israel Ditembak Jatuh

ANGKASAREVIEW.COM – Dari hasil investigasi yang dilakukan Angkatan Udara Israel, pesawat tempur F-16 Israel yang jatuh pasca ditembak rudal antipesawat Suriah disebabkan sang pilot gagal melakukan tindakan menghindar yang tepat.

Hasil investigasi tersebut pun telah diterima Kepala Staf IDF (Israel Defense Forces) Letjen Gadi Eisenkot, Minggu (25/2/2018).

Hasil investigasi tersebut juga menyebutkan bahwa pilot memutuskan untuk keluar dari kokpit pesawat demi menyelamatkan diri mereka. Satu pilot mengalami luka ringan, dan lainnya mengalami luka serius sehingga membutuhkan operasi darurat serta harus menggunakan alat bantu pernafasan untuk beberapa hari.

Selain itu, laporan itu mengemukakan bahwa perencanaan awal operasi dan intelijen berjalan cukup baik dan sistem peringatan di F-16 mereka juga dengan baik.

BACA  Roshel Tawarkan Senator, Kendaraan Angkut Personel untuk Militer dan Sipil

Baca Juga: Satelit Israel Pastikan Su-57 Nongkrong di Pangkalan Udara Khmeimim Suriah

“Seringkali, kegiatan operasional menuntut kita untuk mengambil risiko. Saya berharap pilot penempur lainnya memahami beban di pundak mereka selama berlangsungnya misi,” ujar Eisenkot,

Kejadian memalukan itu terjadi pada 11 Februari lalu saat pesawat F-16 Israel diserang oleh UCAV (unmanned combat aerial vehicle) atau drone tempur Iran yang menyerupai drone RQ-170 Amerika Serikat yang jatuh di Iran pada 2011 silam. Dalam 36 tahun, ini merupakan pertama kalinya Israel kehilangan pesawat tempurnya. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *