Rangkaian Pelantikan 700 Perwira Remaja TNI-Polri 2021 dari Istana Merdeka

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri dari Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa, 13 Juli 2021.

Pelantikan dilaksanakan secara hibrid di mana sejumlah perwakilan para Taruna TNI-Polri hadir di Istana Negara, sementara yang lainnya mengikuti dari masing-masing Kesatrian Akademi Angkatan dan Kesatrian Akademi Kepolisian.

Upacara disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden serta masing-masing Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian.

Hadir secara langsung dalam Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2021 di Istana Merdeka ini antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, dan KSAL Laksamana Yudo Margono serta para pejabat TNI/Polri lainnya.

Upacara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah itu Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) Marsda TNI M. Tonny Harjono membacakan Keputusan Presiden RI mengenai pengangkatan Calon Perwira Remaja TNI-Polri menjadi Perwira Remaja TNI-Polri dan menyampaikan nama-nama peraih Penghargaan Lulusan Terbaik atau Adhi Makayasa.

Para Perwira Remaja TNI-Polri tahun kelulusan 2021 yang meraih penghargaan terbaik atau Adhi Makayasa adalah:

TNI Angkatan Darat

Septian Haryono Pasaribu

Sarjana Terapan Pertahanan

Pangkat: Letnan Dua Infanteri

Penghargaan: Adhi Makayasa Akademi Militer 2021

TNI Angkatan Laut

Always Giving Hamonangan Tiris

Sarjana Terapan Pertahanan

Pangkat: Letnan Dua Laut Pelaut

Penghargaan: Adhi Makayasa Akademi Angkatan Laut 2021

TNI Angkatan Udara

Laode Abdul Muis (TNI AU)

Sarjana Terapan Pertahanan

Pangkat: Letnan Dua Elektronika

Penghargaan: Adhi Makayasa Akademi Angkatan Udara 2021

Polri

Hari Indrajati

Sarjana Terapan Kepolisian

Pangkat: Inspektur Polisi Dua

Penghargaan: Adhi Makayasa Akpol 2021

Upacara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Sumpah Perwira oleh perwakilan Perwira Remaja TNI-Polri dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

Usai pembacaan Sumpah Perwira, dilanjutkan dengan amanat Presiden Joko Widodo. Dalam amanatnya Presiden Jokowi berharap, TNI dan Polri agar senantiasa bersinergi menghadapi berbagai permasalahan bangsa.

Para Taruna TNI dan Polri telah melewati berbagai ujian ilmu dan pendidikan sesuai matra masing-masing. Karakter yang Tanggap, Tanggon, dan Trengginas telah menjadikan para Perwira Remaja sebagai putra-putri terbaik bangsa.

Jokowi berpesan agar ada sinergi yang kokoh di dalam negeri. “Seluruh komponen bangsa harus bersatu untuk menjadi Indonesia Incorporated yang kokoh, bersaing dalam kompetisi global,” ujar Presiden.

Oleh karena itu, lanjut Jokowi, dirinya berpesan agar antarorganisasi pemerintahan dan kenegaraan harus saling bersinergi dan mendukung.

“Antara TNI dan Polri harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi antara anggota institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat,” tandas Presiden RI.

Kepada para Perwira Remaja TNI-Polri Jokowi menekankan bahwa pelantikan menjadi Perwira Remaja ini merupakan awal dari pengabdian kepada bangsa dan negara.

Jokowi meminta agar para Perwira Remaja TNI-Polri menjadi bagian penting dari kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat.

Selain itu Jokowi meminta agar para Perwira Remaja menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa melalui keberagaman Indonesia. Menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Lindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi dari luar. Jaga Bhinneka Tunggal Ika, jaga toleransi, jaga persatuan dalam keragaman Indonesia, pegang teguh kode etik perwira dan jati diri sebagai Perwira TNI dan Polri.”

Jokowi mengucapkan selamat kepada para orang tua dari para Perwira Remaja TNI-Polri.

“Selamat atas pelantikan putra-putri Bapak dan Ibu menjadi Perwira TNI dan Polri. Mereka bukan hanya kebanggaan Bapak dan Ibu. Mereka juga adalah kebanggaan Bangsa Indonesia,” tandas Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah mencetak para perwira hingga dilantik pada hari ini.

Terakhir, Jokowi mengucapkan selamat kepada para Perwira Remaja TNI-Polri, patriot muda Indonesia.

“Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya,” pungkas Jokowi.

Andyawan MartonoAirspace Review

Upacara Prasetya Perwira dan Pelantikan Perwira TNI-Polri tahun 2021 diakhiri dengan salam dan ucapan terima kasih dari para Perwira Remaja kepada Presiden RI dari kesatrian masing-masing.

Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI Marsdya TNI Andyawan Martono Putra memandu dan mempersilakan masing-masing Gubernur Akademi Angkatan dan Gubernur Akademi Kepolisian untuk menampilkan demonstrasi yel-yel ucapan terima kasih kepada Presiden RI langsung dari kesatrian masing-masing secara virtual.

RNS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *