Mengenal Pasukan Khusus Rusia (Bagian 1)

ANGKASAREVIEW.COM – Rusia sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dikenal memiliki Angkatan Bersenjata yang lengkap dan berjumlah sangat banyak. Selain dilengkapi peralatan canggih dan modern, Rusia juga memiliki prajurit dengan kemampuan khusus untuk melaksanakan misi-misi yang tergolong berbahaya dan berisiko tinggi atau biasa dikenal dengan sebutan Spetsnaz.

Berikut ini sejumlah unit dalam Angkatan Bersenjata Rusia yang memiliki kemampuan khusus.

FSB Alpha Unit

pasukan khusus rusiaPinterest

FSB atau dahulu dikenal dengan nama KGB memiliki unit berkemampuan antiteror, penyerbuan, dan sabotase. Sepak terjang unit ini terkenal brutal, salah satunya adalah misi pembantaian dan pembunuhan di kediaman Presiden Hafizullah Amin di Afganistan. Unit FSB Alpha berdiri pada tahun 1974 atas respons dari tragedi penyaderaan di Olimpiade Munich, Jerman.

BACA  Dijagokan Bertarung Melawan ISIS, AS Gembleng Pasukan Komando Afganistan

Namun, tidak semua misi yang dilakoni oleh Spetsgruppa A ini berjalan dengan sukses. Unit ini sempat mendapat kritik tajam saat gagalnya operasi pembebasan sandera oleh militan Chechnya. Operasi ini lebih dikenal dengan Tragedi Beslan di mana hampir sebagian sandera tewas terbunuh karena kegagalan koordinasi antarpasukan di lapangan.

GRU

Rusia

Berbeda dengan FSB, GRU adalah direktorat intelejen di bawah kendali Angkatan Bersenjata Rusia. Jika dipadankan di Indonesia, FSB adalah BIN (Badan Intelejen Negara) sedangkan GRU adalah BAIS (Badan Intelejen Strategis -milik TNI).

Spetsnaz GRU tergolong sangat tersamar dan sulit diketahui unit-unit di bawah kendalinya. Hingga detik ini tidak ada unit GRU yang pernah muncul dalam pemberitaan di publik. Unit GRU seringkali beroperasi disusupkan ke unit VDV ataupun FSB dengan tugas utama sebagai intelijen tempur dan eksekusi target terpilih. Salah satu misi gemilang dari unit GRU adalah penyerangan ke markas militan Chechnya.

BACA  4 MiG-35 Generasi 4++ Segera Diserahkan, Tahun Depan Menyusul Kontrak 14 Unit

Vityaz Unit MVD

pasukan khusus rusiaRedit

MVD (Ministry of Internal Affairs of Russian Federation) adalah Kementerian Dalam Negeri Rusia. Unit Vityaz memiliki kemampuan khusus mulai dari penanggulangan teror, antihuru-hara hingga penangkapan berisiko tinggi.

Vityaz didirikan pada tahun 1991 dan ditugaskan dalam perang Chechnya pertama. Unit ini dikenal dengan penggunaan baret berwarna merah dengan logo AK-47. Vityaz dilengkapi dengan kendaraan tempur berat macam BTR-80. J. RENDY NUGROHO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *