AP II Siap Layani Angkutan Natal dan Tahun Baru    

ANGKASAREVIEW.COM – PT Angkasa Pura II (AP II) siap melayani penumpang di 13 bandara yang dikelolanya pada masa angkutan natal 2017 dan tahun baru 2018.

Persiapan angkutan natal dan tahun baru setiap tahunnya tidak ada yang berbeda, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hal ini dilakukan APII sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandar udara. Demikian dikatakan President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya yang Angkasa Review terima, Minggu (17/12/2017).

Sepanjang 2017, beberapa bandara sudah mengoperasikan terminal baru seperti Terminal 3 rute internasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, terminal baru Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung, terminal baru Bandara Depati Amir Pangkal Pinang, terminal baru Bandara Internasional Supadio Pontianak, dan yang terminal baru Bandara Internasional Silangit Tapanuli Utara yang baru diresmikan 24 November lalu.

Awaludin menilai, dengan pengoperasian terminal baru, kapasitas bertambah besar dan jauh lebih nyaman. Adanya terminal baru yang dioperasikan tersebut, dapat dipastikan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang di 13 bandara AP II selama masa angkutan natal dan tahun baru 2018.

Awaluddin memprediksikan, jumlah penumpang pada masa angkutan natal dan tahun baru yang berlangsung mulai 22 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018 akan meningkat sekitar 11 persen, yakni menjadi 4,43 juta penumpang dibandingkan tahun lalu sekitar 3,99 juta penumpang. Sedangkan pergerakan pesawat diperkirakan meningkat 3% dibandingkan tahun lalu, dari angka 26.910 pergerakan menjadi 27.717 pergerakan.

Ia pun memperkirakan bahwa lonjakan penumpang akan terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai bandara keberangkatan dengan bandara tujuan rute domestik seperti Medan (Kualanamu), Denpasar, Surabaya, Makassar dan Jogja. Sedangkan untuk rute internasional Singapore, Kualalumpur, Hongkong, Dubai dan Bangkok.

Pada angkutan natal periode 18 Desember 2017 hingga 8 Januari 2018, diperkirakan akan ada 1158 tambahan penerbangan yang terdiri dari 1134 rute penerbangan domestik dan 24 rute penerbangan internasional. Perkirakan arus puncak akan terjadi pada 23 Desember 2017 dan arus balik pada 1 Januari 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *