Sinergitas Kemenhub-TNI AL Bangun Konektivitas dan Poros Maritim Dunia

kemenhubBKIP Kemenhub

ANGKASAREVIEW.COM – Sinergi ekonomi yang bisa dilakukan dengan Angkatan Laut adalah menjadi inisiator untuk pengembangan ekonomi di daerah tertentu. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan Angkatan Laut, Senin (18/12/2017).

Pada FGD yang bertemakan “Melalui Perkembangan Infrastruktur dan Konektivitas Maritim Kita Tingkatkan Peran Angkatan Laut Untuk Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia” ini, Menhub mengatakan bahwa Angkatan Laut adalah penjaga keamanan dan sebagainya, namun fungsi sosial ekonomi dari TNI itu harus dibangkitkan.

“Kita bangun sinergi dulu dengan angkatan laut dan nanti kita subyektif memilih apa yang akan kita lakukan, kita tidak ingin juga apa yang kita lakukan tidak fokus pada hal-hal yang strategis,” ujar Budi dalam keterangan resmi yang Angkasa Review terima.

Pada kesempatan tersebut, Menhub menyampaikan substansi pokok yang terkait dengan sinergi dan konektivitas, yakni mengenai konsep tol laut dan tol udara.

“Kemenhub secara terus-menerus mendorong konektivitas tol laut dalam rangka menghilangkan disparitas harga yang terjadi antara wilayah barat dan timur Indonesia; disparitas harga akan menjamin ketersediaan barang sehingga dibutuhkan integrasi semua pihak,” papar Budi.

Seperti yang dijelaskan Menhub, program tol laut berintegrasi dengan program Rumah Kita untuk mempermudah koordinasi dengan Pemda serta stakeholders terkait dengan kebutuhan barang dan pendistribusian barang di wilayah sekitar lokasi Rumah Kita.

Sedangkan program tol udara untuk menjangkau wilayah terpencil dan pelosok yang tidak terjangkau melalui jalur darat dan laut. Selain untuk mengangkut orang, tol udara ini juga akan membawa dan mendistribusikan barang-barang kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

Menhub menambahkan, konektivitas itu sendiri tidak mungkin terjadi apabila sinergi tidak tercapai serta tidak menjadi bagian dari pemikiran-pemikiran.

“Saya ingin sampaikan bahwasanya kerja sama memang menjadi penting. Sinergi kita butuhkan dan Insya Allah dengan sinergi, dengan kesungguhan kita untuk memberikan sesuatu untuk bangsa, Insya Allah kita menjadi manusia-manusia yang membuat Indonesia yang lebih baik dan bersaing ditingkat nasional,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *