Militer Rusia terima sejumlah tank T-80BVM baru

T-80BVMUralvagonzavod
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Omsktransmash yang merupakan bagian dari Uralvagonzavod di bawah Rostec State Corporation, menyerahkan batch lain tank tempur utama (MBT) T-80BVM kepada Kementerian Pertahanan Rusia sebagai bagian dari pesanan pertahanan negara.

Omsktransmash menyebutkan bahwa T-80BVM yang diperbarui lulus tes yang diperlukan. Varian ini mulai dipasok ke militer Rusia sejak 2019.

Airbus_contoh2

Meskipun Rusia mendapatkan sanksi ekonomi dunia, perusahaan dapat mengatasi kesulitan mendapatkan beberapa komponen yang sebelumnya berasal dari luar negeri.

Omsktransmash tetap berhasil mempertahankan produksi tank-nya dan mengirimkannya sesuai jadwal ke pasukan Rusia yang sedang berperang di Ukraina.

Versi T-80BVM ini merupakan perbaikan dari seri T-80BV. Mendapatkan peningkatan daya tembak, tingkat perlindungan awak, dan kemampuan manuvernya.

T-80BVM mendapatkan perlindungan armor yang terdiri dari kit pelindung reaktif peledak Relikt yang juga digunakan oleh tank tempur utama Rusia terbaru seperti T-90M dan T-90MS.

T-80BVM dipersenjatai dengan meriam 2A46M-1 kaliber 125 mm yang menawarkan jarak tembak yang lebih jauh.

Menggunakan amunisi APFSDS (Armour-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot), tank ini memiliki tembakan maksimum dari 2.000 hingga 3.000 m di siang hari dan 2.000 hingga 2.600 m di malam hari.

Meriam utama juga dapat menembakkan peluru kendali anti tank 9M119M Refleks (nama pelaporan NATO AT-11 atau Sniper-B) dengan jangkauan 4 hingga 5 km.

Keluarga tank T-80 mulai dikembangkan sejak era Uni Soviet, ditenagai dengan mesin turbin gas layaknya tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *