Militer Rusia terima sejumlah tank T-80BVM baru

T-80BVMUralvagonzavod
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan Omsktransmash yang merupakan bagian dari Uralvagonzavod di bawah Rostec State Corporation, menyerahkan batch lain tank tempur utama (MBT) T-80BVM kepada Kementerian Pertahanan Rusia sebagai bagian dari pesanan pertahanan negara.

Omsktransmash menyebutkan bahwa T-80BVM yang diperbarui lulus tes yang diperlukan. Varian ini mulai dipasok ke militer Rusia sejak 2019.

Meskipun Rusia mendapatkan sanksi ekonomi dunia, perusahaan dapat mengatasi kesulitan mendapatkan beberapa komponen yang sebelumnya berasal dari luar negeri.

Omsktransmash tetap berhasil mempertahankan produksi tank-nya dan mengirimkannya sesuai jadwal ke pasukan Rusia yang sedang berperang di Ukraina.

Versi T-80BVM ini merupakan perbaikan dari seri T-80BV. Mendapatkan peningkatan daya tembak, tingkat perlindungan awak, dan kemampuan manuvernya.

T-80BVM mendapatkan perlindungan armor yang terdiri dari kit pelindung reaktif peledak Relikt yang juga digunakan oleh tank tempur utama Rusia terbaru seperti T-90M dan T-90MS.

T-80BVM dipersenjatai dengan meriam 2A46M-1 kaliber 125 mm yang menawarkan jarak tembak yang lebih jauh.

Menggunakan amunisi APFSDS (Armour-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot), tank ini memiliki tembakan maksimum dari 2.000 hingga 3.000 m di siang hari dan 2.000 hingga 2.600 m di malam hari.

Meriam utama juga dapat menembakkan peluru kendali anti tank 9M119M Refleks (nama pelaporan NATO AT-11 atau Sniper-B) dengan jangkauan 4 hingga 5 km.

Keluarga tank T-80 mulai dikembangkan sejak era Uni Soviet, ditenagai dengan mesin turbin gas layaknya tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *