Rusia gunakan robot penyapu ranjau Uran-6 di perang Ukraina

Uran-6Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk mendukung pergerakan kendaraan perang dan pasukannya di palagan Ukraina, tentara Rusia menggunakan Uran-6 sebagai robot penyapu ranjau yang ditanam pasukan Ukraina.

Beredar video di dunia maya, memperlihatkan Uran-6 tengah beraksi membersihkan ranjau disebuah tempat di wilayah Luhansk, Ukraina.

Namun tak semua yang dilakukan Uran-6 berjalan mulus. Beredar pula foto robot ini hancur terkena ranjau yang disapunya.

Berdasarkan riwayatnya, Uran-6 atau disebut juga sebagai MRTK-R, merupakan versi Rusia dari robot pembersih ranjau MV-4 buatan Kroasia yang diproduksi oleh JSC 766 UPTK. Kehadirannya pertama kali diperkenalkan pada ajang Army 2016.

Uran-6 dapat digunakan dalam operasi pembersihan area untuk mendeteksi dan menghilangkan bahan peledak improvisasi (IED), serta ranjau anti personel dan antitank.

Sebagai pembersih ranjau, Uran-6 dilengkapi dengan sejumlah alat operasi termasuk lima perangkat penyapu ranjau yang berbeda untuk mendeteksi dan meledakkan ranjau darat.

Peralatan ini meliputi bilah buldoser selebar 1,8 m, penyapu ranjau Boikova self-propelled, lengan robot, penggilingan padat, dan pukat ranjau Katkov.

Mengenai spesifikasinya, Uran-6 memiliki berat sekitar 6 ton, berdimensi panjang 4,45 m, lebar 2 m, tinggi 1,49 mdan lebar clearing track 1,72 m.

Sebagai penggeraknya, Uran-6 ditenagai mesin diesel berdaya 240 hp. Kecepatan bergeraknya saat membersihkan ranjau antara 2-5 km/jam.

Untuk mengoperasikannya, Uran-6 dikendalikan oleh seorang operator menggunakan sistem kendali jarak jauh dari jarak aman hingga sejauh 1 km. Dapat beroperasi hingga 5 jam lamanya.

Tersedia empat kamera video yang dipasang di atas robot, memberi operator bidang pandang 360 derajat dari area pengoperasian di depan dan belakang. Termasuk kemampuan penayangan gambar real-time selama menjalankan misinya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *